eprintid: 1253 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/12/53 datestamp: 2012-06-01 16:22:37 lastmod: 2016-02-18 03:53:23 status_changed: 2012-05-04 16:40:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RATNO PAMBUDI - NIM. 03440393, title: HUBUNGAN HAMBATAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2007-2008 ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: Hambatan belajar, Minat belajar, dan Prestasi belajar kimia siswa. note: Pembimbing : Khamidinal, M.Si. abstract: ABSTRAK Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan hambatan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2007/2008. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 1 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga macam metode, yaitu pertama, metode angket dengan mengumpulkan data hambatan belajar siswa dan minat belajar siswa. Kedua, metode wawancara yang digunakan untuk mengetahui materi yang telah disampaikan kepada siswa dan pembagian kelas uji. Ketiga, ujian yang digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar kimia siswa. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelum diujikan terhadap kelas yang akan diujikan. Uji selanjutnya adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independensi, dan uji linieritas. Setelah itu dilakukan analisi regresi sederhana dan analsis regresi ganda, yang dilanjutkan mencari sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Dari hasil penelitian didapatkan garis regresi Y = -0,124937X1 + 0,081614X2 + 4,850453. Dari garis regresi linier tersebut didapatkan hubungan yang negatif dan signifikan antara hamabatan belajar dengan prestasi belajar kimia siswa yaitu sebesar -0,124937, sedang sumbangan relatif dan efektifnya masing-masing adalah 91,524% dan 67,218% terhadap prestasi belajar kimia siswa. Didapatkan juga hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar kimia siswa yaitu sebesar 0,081614, sedang sumbangan relatif dan sumbangan efektifnya adalah masing-masing 8,476% dan 6,225%. Dengan X1 adalah hambatan belajar siswa, X2 adalah minat belajar siswa. date: 2008-07-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-18 15:51:06 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ratnopambu-866-1-ratnopa-8.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/18/digilib-uinsuka--ratnopambu-866-1-ratnopa-8.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1009 ; nama file lama : RATNO PAMBUDI 03440393 HUBUNGAN HAMBATAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2007-2008.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1252830 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RATNO PAMBUDI - NIM. 03440393, (2008) HUBUNGAN HAMBATAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2007-2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1253/1/BAB%201%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1253/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf