TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si ID - digilib12533 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12533/ A1 - SISWANTI RISWATUN, NIM. 98413780 Y1 - 2003/07/30/ N2 - Madrasah Tsanawiyah merupakan sekolah lanjutan tingkat menengah pertama di bawah naungan Departemen Agama yang dalam kurikulumnya dicantumkan khusus bidang studi Qur?an-Hadits, yang merupakan salah satu bidang studi yang harus ditempuh oleh siswa dan tidak mudah untuk dikuasai karena disamping perlu kesungguhan dalam belajar juga memerlukan dasar baca tulis huruf al-Qur?an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan metode penentuan subyeknya menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif meliputi empat komponen kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Qur?an-Hadits , jika dilihat dari nilai prestasi peserta didik ternyata terdapat kesenjangan pemahaman di antara peserta didik, justru peserta didik yang berasal dari pendidikan agama (MI) prestasinya lebih rendah jika dibandingkan dengan peserta didik yang berasal dari pendidikan umum. Untuk mengatasinya dilakukan dengan jalan remedial teaching atau pengajaran pengayaan. Pembelajaran itu bisa dikatakan berhasil jika guru-peserta didik bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: strategi pembelajaran KW - Qur?an-Hadits M1 - skripsi TI - STRATEGI PEMBELAJARAN QUR?AN HADITS DI MTs MA?ARIF I BLORA, YOGYAKARTA AV - restricted ER -