TY - THES N1 - Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd. ID - digilib12537 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12537/ A1 - SOLEKAN, NIM. 99424380 Y1 - 2003/08/04/ N2 - Diantara factor yang mempengauhi tumbuh dan berkembangnya motivasi belajar siswa khususnya belajar bahasa arab, salah satunya adalah factor latar belakang pendidikan siswa, yaitu lulusan MTs dengan SMP. Latar belakang pendidikan yang berbeda tentunya mempunyai sikap sikap mental yang berbeda, yang secara asumtif menimbulkn motivasi belajar nahasa arab yang berbeda pula. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan metode penentuan subyeknya menggunakan teknik sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dan metode analisis kualitatif. Metode pembahasannya menggunakan cara berfikir induktif dan deduktif. Tingkat motivasi belajar bahasa arab siswa lulusan MTs maupun SMP di kelas dan MAN Yogyakarta III dari prosentasenya adalah bermotivasi sedang, dan terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa lulusan MTs dan SMP.. Kata kunci: motivasi, belajar, bahasa arab, MTs, SMP PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - motivasi KW - belajar KW - bahasa arab KW - MTs KW - SMP M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB ANTARA SISWA LULUSAN MTs DENGAN SMP DI KELAS II MAN YOGYAKARTA III AV - restricted ER -