TY - THES N1 - Drs. Nazri Syakur, M.Pd. ID - digilib12538 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12538/ A1 - SRI HADI SUSILO, NIM. 97423753 Y1 - 2003/04/09/ N2 - Keberhasilan dalam belajar bahasa Arab dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik factor linguistik maupun faktor non linguistik. Faktor linguistik meliputi segala aspek pengetahuan yang terkait langsung dengan bahasa itu sendiri, seperti ilmu linguistik umum, penguasaan struktur bahasa, struktur bunyi dan penguasaan kosa kata pada umumnya. Faktor non linguistik dapat berasal dari peserta didik, yaitu bakat, minat, intelegensi, cara belajar dan sikapnya terhadap bahasa yang dipelajarinya. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan landasan filosofis kualitatif rasionalistik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologis, dan paedagogis dengan sumber datanya dari sumber data primer dan sekunder. Proses analisa data dengan metode deskriptif analisis dan menggunakan pola pikir deduktif dan induktif. Model pembelajaran ARIAS di susun secara sistematis yang berisi lima komponen, dan masing-masing komponen dapat dikembangkan menjadi beberapa cara yang mungkin dilakukan dalam pembelajaran bahasa arab pada Madrasah Tsanawiyah Kelas I sehingga diharapkan proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan hasil akhirnya siswa meraih prestasi bahasa arab yang baik. Kata kunci: teknologi pembelajaran, guru, evaluasi, pelatihan PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - teknologi pembelajaran KW - guru KW - evaluasi KW - pelatihan M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODEL ARIAS PADA MADRASAH TSANAWIYAH: SUATU TINJAUAN TEORITIK AV - restricted ER -