TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Marhumah, M.Pd. ID - digilib12539 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12539/ A1 - TAUSYIATUL HIJRIYYAH, NIM. 97413544 Y1 - 2003/08/05/ N2 - Pendidikan agama menjadi satu-satunya hal yang perlu diberikan kepada anak sedini mungkin. Peran pendidikan sendiri adalah menjaga generasi sejak masa kecil dari berbagai penyelewengan ala jahiliyah, mengembangkan pola hidup, perasaan dan pemikiran mereka sesuai dengan fitrah agar menjadi pondasi yang kuat, pendidikan yang diberikan akan mempengaruhi anak dan menjadi bagian dari kepribadiannya. Untuk membangun pondasi yang kuat dalam diri anak itu dibutuhkan pendidikan agama semenjak usia dini, seorang anak memiliki ?dwipotensi? yaitu bisa menjadi baik dan buruk. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan datanya bersumber lingkungan TK Islam Bhakti I Karanganyar. Metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, interview, dan dokumentasi. Proses analisa data dengan metode analisis kualitatif yaitu metode deskriptif analisis non statistic. Hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di TK Islam Bhakti I Karanganyar adalah adanya peningkatan dan perkembangan kemampuan anak didik tentang materi yang diajarkan serta dapat mencapai tujuan dari pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Taman Kanak-kanak yaiti menanamkan benih-benih keimanan dan ketakwaan dalam diri anak meskipun belum sampai pada pembentukan pribadi yang islami. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di TK Islam Bhakti I Karanganyar ini bisa dikatakan cukup berhasil. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, TK Islam, anak usia dini PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pendidikan Agama Islam KW - TK Islam KW - anak usia dini M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK ISLAM BHAKTI I KARANGANYAR JAWA TENGAH AV - restricted ER -