eprintid: 1254 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/12/54 lastmod: 2012-05-04 16:40:41 status_changed: 2012-05-04 16:40:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RAUDLOTUN NIKMAH - NIM. 03450477, title: EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA ispublished: pub full_text_status: none keywords: Pendekatan konstruktivisme, kualitas dan prestasi belajar. note: b Pembimbing : /b Ir. Ciptono, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan kualitas pembelajaran IPA Biologi dan prestasi belajar siswa di kelas VB SDN 02 Mayong Jepara. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah alat pencernaan pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan penggunaan pendekatan konstruktivisme dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan rancangan model siklus dari Kemmis dan Taggart (1988) melalui empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi serta menggunakan pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB di SDN 02 Mayong Jepara yang terdiri dari 35 siswa pada pembelajaran IPA Biologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Keberhasilannya dinyatakan atas dasar kesimpulan bahwa pendekatan konstruktivisme memberikan dampak instruksional berupa: (1) peningkatan kualitas pembelajaran IPA Biologi hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan aktifitas siswa dalam kegiatan kelas. Antara lain keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan guru, mengungkapkan pendapat serta bekerjasama dalam berdiskusi dan presentasi; (2) peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil post-tes pada siklus I yaitu sebesar 7,3 dan post-tes pada siklus II sebesar 8,4 hal ini berarti pada siklus II prestasi belajar siswa mengalami peningkatan rata- rata dari siklus I sebesar 1,1. date: 2008-07-18 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-18 15:54:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--raudlotunn-867-1-raudlotu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/18/digilib-uinsuka--raudlotunn-867-1-raudlotu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1010 ; nama file lama : RAUDLOTUN NIKMAH 03450477 EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1130585 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-18 15:54:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--raudlotunn-867-1-raudlotu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/18/digilib-uinsuka--raudlotunn-867-1-raudlotu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1010 ; nama file lama : RAUDLOTUN NIKMAH 03450477 EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1130585 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RAUDLOTUN NIKMAH - NIM. 03450477, (2008) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 02 MAYONG JEPARA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.