%0 Thesis %9 Skripsi %A ELY SUKASIH, NIM. 96413307 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2003 %F digilib:12549 %I Fakultas Tarbiyah %K daya serap siswa, pendidikan agama Islam, afektif %T DAYA SERAP SISWA TERHADAP PENYAMPAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HUBUNGANNYA DENGAN RANAH AFEKTIF DI SMK I YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12549/ %X Ranah afektif termasuk prestasi belajar yang menjadi tolok ukur penilaian berhasil tidaknya seorang pendidik maupun siswa dalam melakukan aktifitas belajar di sebuah sekolah tertentu. Sekalipun memang daya serap yang biasanya ditunjukkan dengan nilai bukan satusatunya criteria penilaian berhasil tidaknya siswa menangkap pelajaran di sekolah, namun yang juga perlu dipahami bahwa system keberhasilan belajar masih melihat sisi kognisinya sementara sisi afeksinya masih minim. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sumber datanya dari sumber primer dan sekunder, dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data melalui angket, observasi, interview, dan dokumentasi.. Dalam menganalisa data digunakan metode analisis deskriptif dan metode analitik statistic. Secara mayoritas SMK I Yogyakarta memiliki nilai yang baik, untuk ranah afektif siswa terhadap penyelenggaraan pendidikan agama Islam adalah baik. Berdasarkan data analisis statistic dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikansi antara daya serap siswa terhadap penyampaian pendidikan agama Islam dan ranah afektif mereka.