TY - THES ID - digilib12551 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12551/ A1 - IIN NURCHASANAH, NIM. 98474101 Y1 - 2003/06/09/ N2 - Pondok pesantren sebagai lembaga social mengalami perubahan, karena perubahan social dewasa ini bersifat missal, cepat, terus menerus, bervariasi dan tidak mudah diramalkan kemana arahnya. Perubahan-perubahan itu meliputi berbagai kelompok masyarakat secara kualitatif maupun kuantitatif dan cukup merata dan mendalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan metode penentuan subyeknya menggunakan teknik sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasiData yang terkumpul yang sifatnya kualitatif dianalisa menggunakan analisis data secara induktif, selain itu digunakan juga metode studi kasus. Pengembangan pendidikan di pondok pesantren dan Madrasah Aliyah Al-Muttaqien dibagi dalam empat masa yaitu masa tumbuh, adaptasi, seleksi dan kompetitif. Pengembanagn kualitas manajemen operational dari segi fungsi-fungsinya sudah dilakukan, walaupun pada kenyataannya belum berjalan secara missal namun tetap dilakukan perbaikan. PB - Fakultas Tarbiyah KW - pengembangan pendidikan KW - pondok pesantren M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL-MUTTAQIEN PANCASILA SAKTI SUMBEREJO, TROSO,KARANGANOM KLATEN, YOGYAKARTA AV - restricted ER -