relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12554/ title: TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN creator: SUMAJI, NIM. 97473706 subject: Kependidikan Islam description: Sesuatu yang menarik dari teori pendidikan progressivisme karena anak tidak dibekali nilai, maka anak jadi tidak mempunyai pegangan yang tegas dalam kehidupannya, akibat dari kebebasan yang berlebihan pada masa kecilnya. Sementara itu dengan mengkaji kembali konsep pendidikan Islam tradisional, di mana system pendidikannya memberikan penekanan yang kuat terhadap moralitas sangatlah relevan. Pendidikan Islam tradisional adalah konsep pendidikan yang telah lama mengakar di pesantren-pesantren tradisional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dan bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan historis factual, dan pendekatan filosofis. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder, dan data-data yang ada dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis induktif dan metode komparatif. Secara retoris K.H. Hasyim Asy’ari dan progressivisme John Dewey mempunyai kesamaan dalam merumuskan tujuan pendidikan yaitu mencapai kehidupan yang baik bagi individu dan masyarakat, namun standar yang dipakai untuk mengukur nilai baik tersebut berbeda. date: 2003-08-01 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12554/1/BAB%20I.%20V.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12554/2/BAB%20II.%20III.%20IV.pdf identifier: SUMAJI, NIM. 97473706 (2003) TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.