eprintid: 12554 rev_number: 28 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/25/54 datestamp: 2014-05-14 12:11:14 lastmod: 2017-03-10 04:22:14 status_changed: 2014-05-14 12:11:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUMAJI, NIM. 97473706 title: TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: motivasi, belajar, bahasa arab, MTs, SMP abstract: Sesuatu yang menarik dari teori pendidikan progressivisme karena anak tidak dibekali nilai, maka anak jadi tidak mempunyai pegangan yang tegas dalam kehidupannya, akibat dari kebebasan yang berlebihan pada masa kecilnya. Sementara itu dengan mengkaji kembali konsep pendidikan Islam tradisional, di mana system pendidikannya memberikan penekanan yang kuat terhadap moralitas sangatlah relevan. Pendidikan Islam tradisional adalah konsep pendidikan yang telah lama mengakar di pesantren-pesantren tradisional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dan bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan historis factual, dan pendekatan filosofis. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder, dan data-data yang ada dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis induktif dan metode komparatif. Secara retoris K.H. Hasyim Asy’ari dan progressivisme John Dewey mempunyai kesamaan dalam merumuskan tujuan pendidikan yaitu mencapai kehidupan yang baik bagi individu dan masyarakat, namun standar yang dipakai untuk mengukur nilai baik tersebut berbeda. date: 2003-08-01 date_type: published institution: Fakultas Tarbiyah department: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SUMAJI, NIM. 97473706 (2003) TELAAH KONSEP PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN K.H.HASYIM ASY’ARI DAN PROGRESSIVISME JOHN DEWEY: SUATU STUDI PERBANDINGAN. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12554/1/BAB%20I.%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12554/2/BAB%20II.%20III.%20IV.pdf