@phdthesis{digilib12564, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09220049 IIN SEPTIANI LAILI}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Slamet, S. Ag., M. Si}, keywords = {Pengembangan, Kreativitas dan Anak Tunagrahita.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12564/}, abstract = {Pendidikan merupakan suatu proses yang dinamis dan terus menerus. Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada anak tunagrahita berarti memperkecil kesenjangan pendidikan antara anak normal dengan anak tunagrahita. Anak tunagrahita hendaknya memperoleh penanganan dan pengajaran yang tepat, sehingga dapat memperoleh pengetahuan dan pengembangan kreativitas sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Pengembangan kreativitas ini diharapkan dapat membantu mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta anak tunagrahita untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pengembangan kreativitas anak tunagrahita SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang metode pengembangan kreativitas anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari subyek utama yaitu siswa-siswi TKLB Tunagrahita yang berjumlah 6 anak, serta informan yang penulis ambil adalah Kepala Sekolah, 2 guru pembimbing, 1 guru kesenian, 1 guru bimbingan konseling dan 4 orang tua siswa. Obyek penelitian ini adalah metode dan hasil pengembangan kreativitas anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menginterpretasikan data-data yang diperoleh dari lapangan diolah dalam bentuk kalimat. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam mengembangkan kreativitas anak tunagrahita adalah metode penciptaan produk (hasta karya), metode imajinasi, metode eksplorasi, metode eksperimen, metode proyek, metode musik dan metode bahasa. Selain metode pengembangan kreativitas seperti dalam teori, penulis juga menemukan metode yang digunakan pembimbing untuk mengembangkan kreativitas anak tunagrahita SLB Negeri Pembina Yogyakarta, yaitu metode demontrasi, metode motivasi dan metode bermain. Metode yang sering digunakan pembimbing dalam mengembangkan kreativitas anak tunagrahita adalah metode penciptaan produk (hasta karya). Kata Kunci : Pengembangan, Kreativitas dan Anak Tunagrahita.} }