%A NIM. 99414480 MOH MUSLIM %T STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK MENURUT KI HAJAR DEWANTARA DAN IBN MISKAWAIH %X Pendidikan di seluruh penjuru dunia pada saat ini sedang semangat-semangatnya mengkaji tentang pentingnya pendidikan moral atau budi pekerti. Tidak hanya di negara-negara berkembang tetapi juga di negara-negara lain yang lebih maju. Bahkan di negara-negara industri merasakan adanya pengabaian terhadap moral atau budi pekerti tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pengumpulan datanya bersumber dari sumber primer dan sekunder. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan metode analisa datanya menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Konsep pendidikan akhlak anak Ki Hajar Dewantara bertujuan untuk menyokong perkembangan hidup anak-anak, lahir dan batin dari sifat kodratinya menuju kearah peradaban dalam sifatnya yang umum. Sedang tujuan pendidikan akhlak menurut Ibn Maskawaih adalah untuk menanamkan di dalam diri manusia kualitas-kualitas moral dan melaksanakannya dalam tindakan-tindakan utama secara spontan %D 2003 %K pendidikan akhlak anak, Ki Hajar Dewantara, Ibn Maskawaih %I Fakultas Tarbiyah %L digilib12574