%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR IMRO’ATUS SHOLIKHAH, NIM. 98433983 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2002 %F digilib:12577 %I Fakultas Tarbiyah %K pemahaman, siswa, pelajaran matematika, pola berpikir %T PENGARUH PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMBENTUKAN POLA BERPIKIR SISWA KELAS II SMUN 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2001/2002 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12577/ %X Matematika adalah suatu pengetahuan dengan system tertentu yang pada prosesnya mengajarkan pembentukan sistematika berpikir yang logis dan tuntas. Berpikir logis dan tuntas adalah alat utama bagi manusia untuk melaksanakan tugasnya di muka bumi. Segala bentuk penyelesaian masalah hingga penemuan baru dan pembentukan kreativtas seseorang ditentukan sejauhmana dia memiliki logika berpikir yang jelas dan tuntas. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan mengambil populasi dan sampel siswa kelas II sebanyak 186 siswa. Sedang metode analisis datanya melalui uji persyaratan analisis dan uji hipotesis Tidak terdapat pengaruh antara pemahaman siswa pada pelajaran matematika terhadap pembentukan pola berpikir sekuensial kongkrit siswa SMUN 3 Yogyakarta. Terdapat pengaruh antara pemahaman siswa pada pelajaran matematika terhadap pembentukan pola berpikir sekuensial abstrak siswa SMUN 3 Yogyakarta. Tidak terdapat pengaruh antara pemahaman siswa pada pelajaran matematika terhadap pembentukan pola berpikir acak abstrak siswa SMUN 3 Yogyakarta. Tidak terdapat pengaruh antara pemahaman siswa pada pelajaran matematika terhadap pembentukan pola berpikir acak kongkrit siswa SMUN 3 Yogyakarta.