%A 98433980 PINI SANDRA %T KONTRIBUSI KEMAMPUAN KERUANGAN DAN PERHATIAN SISWA PADA PELAJARAN GEOMETRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOMETRI SISWA KELAS II MTs N 1 WONOGIRI %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi dari kemampuan keruangan dan perhatian siswa pada pelajaran Geometri terhadap prestasi belajar Geometri siswa kelas II di MTs N 1 Wonogiri. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MTsN 1 Wonogiri pada tahun ajaran 2002/2003 sejumlah 122 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 92 siswa dari kelas IIa, Iib, dan IIc yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 instrumen, yaitu instrumen soal tes untuk kemampuan keruangan sebanyak 22 butir sahih dengan koefisienreliabilitas 0,84 ; instrumen angket untuk perhatian siswa pada pelajaran Geometri sebanyak 40 butir sahih dengan koefisien reliabilitas 0,93 dan instrumen soal tes untuk prestasi belajar Geometri sebanyak 28 butir sahih dengan koefisien realibilitas 0,88. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya kontribusi dari kemampuan keruangan terhadap prestasi belajar Geometri dengan koefisien korelasi 0,617 dan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 7,322 + 0,720X1. (2) Adanya kontribusi dari perhatian siswa pada pelajaran Geometri terhadap prestasi belajar Geometri dengan koefisien korelasi sebesar 0,660 dan persamaanregresi yang memperoleh Y= -2,330 + 0,1462. (3) Adanya kontribusi dari kemampuan keruangan dan perhatian siswa pada pelajaran Geometri secara bersamasama terhadap prestasi belajar Geometri dengan koefisien korelasi sebesar 0,766 dan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 4,350 + 0,494X1 + 0,109X2. (4) Besarnya kontribusi/sumbangan efektif dari variabel X1 = 26,07 % dan variabel X2 = 32,57 %. %D 2003 %K Geometri, Prestasi belajar %I Fakultas Tarbiyah %L digilib12578