%A NIM. 984737792 YULIS PURNOMOWATI %T BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK REMAJA MENURUT ISLAM %X Usia remaja pada umumnya sedang mengalami masa kegoncangan jiwa atau mental sehingga mereka mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal yang bersifat negatif atau kurang baik. Oleh karenanya usia renaja ini sering mengalami bermacam-macam kesulitan, maka tentunya sedini mungkin dicarikan jalan keluarnya, sehingga kesulitan-kesulitan atau masalah-masalah tersebut dapat segera teratasi. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang didalamnya mempunyai organisasi Bimbingan dan Konseling, yaitu untuk membantu para siswa dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi. Untuk merealisasikan pelaksanaan bimbingan dan konseling bagi remaja perlu dikembangkan bimbingan dan konseling Islam, karena secara langsung menyentuh kehidupan psikis manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Bimbingan dan Konseling Islam berdaya guna dan dapat dimanfaatkan bagi kemungkinan penyelesaian masalah kehidupan remaja di sekolah, juga untuk mengetahui usaha Bimbingan dan Konseling Islam dalam menyelesaikan masalah kehidupan remaja di sekolah. Penelitian ini adalah diskriptif analisis dan kajian penelitian ini merupakan penelitian terhadap buku-buku atau libary research yang berkenaan dengan konsep, teori, pemikiran para ahli mengenai Bimbingan dan Konseling Islam di sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep dasar Bimbingan dan Konseling Islam di sekolah berparadigma kepada wahyu dan ketauladanan para Nabi, Rasul dan ahli warisnya dan konselor dalam memberikan bimbingan adalah wajib dan suatu keharusan bahkan ibadah. Sistem Bimbingan dan Konseling Islam dimulai dengan pengarahan kepada kesadaran nurani dengan membacakan ayat-ayat Allah setelah itu baru melakukan proses terapi dan selalu dibawah bimbingan Allah dan Al Qur’an. Sedangkan proses aplikasi Bimbingan dan Konseling dengan menggunakan teori Al Hikmah, Al Mauzhoh al Hasanah, dan teori Mujadalah bil Ahsan. %D 2003 %K Bimbingan dan konseling, Remaja %I Fakultas Tarbiyah %L digilib12582