%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI MAGHFIROH , NIM. 98423773 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2003 %F digilib:12585 %I Fakultas Tarbiyah %K membaca, teks Arab, membaca al Qur'an %T PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB DI MTsN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12585/ %X Pelajaran bahasa Arab diajarkan di Madrasah berfungsi sebagai bahasa agama dan ilmu pengetahuan disamping sebagai alat komunikasi, oleh karena itu pelajaan bahasa Arab di MTs merupakan bagian mata pelajaran yang tidak terpisahkan dengan mata pelajaran agama Islam sebagai suatu keseluruhan. Kemampuan berbahasa Arab adalah kemampuan berkomunikasi baik secara lisan yaitu berbicara dengan orang lain maupun secara tulisan. Kemampuan berbahasa pasif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan kemampuan untuk memahami bacaan. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab memang sangat penting karena dapat membantu siswa dalam memahami sumber ajaran Islam yaitu al Qur’an dan hadist serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkaitan dengan Islam. Untuk meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an dan membaca teks Arab serta memahaminya MTs laboratorium fakultar Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan rutin pembacaan al Qur’an pada pelajaran pertama di masing-masing kelas. Peneliti tertarik untuk meneliti sejauhmana kemampuan siswa dalam membaca al Qur’an dan teks Arab dan apakah kemampuan membaca al Qur’an berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam membaca teks Arab?unan Kalijaga. Dalam pengumpulkan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri laboratorium fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga memiliki kemampuan membaca al Qur’an dan teks Arab yang baik dan terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan siswa dalam membaca al Qur’an dan kemampuan dalam membaca teks Arab.