%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI HAJAR LUTFIA, NIM. 98413878 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2003 %F digilib:12586 %I Fakultas Tarbiyah %K SMUN 8 Yogyakarta, SIA, Sivitas Aktiva Islamika %T MODEL DAN METODE KEGIATAN SIVITAS AKTIVITA ISLAMIKA (SAI) DI SMUN 8 YOGYAKARTA. %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12586/ %X Dalam kebijakan pendidikan sudah menjadi ketetapan pemerintah bahwa pendidikan agama harus diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, baik yang berada di bawah naungan Departemen Agama maupun Departemen Pendidikan Nasional. Demikian juga SMA 8 Yogyakarta yang merupakan salah satu SMU unggulan yang terdapat di Yogyakarta dalam menerapkan pendidikan agama selain dengan tatap muka juga pelaksanaannya melalui pendidikan ekstra kurikuler di luar jam sekolah. Ekstra kurikuler ini berupa kegiatan Sivitas Aktivita Islamika (SIA) yang dibentuk atas inisiatif siswa-siswi anggota OSIS dan juga atas himbauan guru pendidikan agama Islam untuk menutupi kekurangan jam efektif dari pendidikan kurikuler dan kokurikuler. Obyek penelitian ini adalah bagaimana model kegiatan dan metode apa yang digunakan dalam kegiatan Sivitas Aktivita Islamika (SIA) di SMA 8 Yogyakarta ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data yang akan ditampilkan adalah deskriptif analitis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan SAI di SMAN 8 Yogyakarta terbentuk dalam tiga departemen dimana masing-masing departemen mempunyai tiga devisi dengan model kegiatan yang beragam. Sedangkan metode kegiatan SAI yang digunakan berupa metode ceramah, demontrasi, lawatan, diskusi, ceramah plus, pemberian hadiah, kerja kelompok dan metode uswatun khasanah. Metode-metode ini secara bergantian dalam penggunaannya dan juga secara pengggabungan yang tentunga tergantung pada model dan materi kegiatan yang dilaksanakan.