%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI AMINAH, NIM 09220074 %B PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %D 2013 %F digilib:12599 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Layanan Bimbingan Pribadi, Konsep diri positif %T LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF SISWA DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12599/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk dan jenis layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan konsep diri positif siswa di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, beserta faktor pendukung dan penghambatnya Secara teoritis, diharapkan dapat berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang BKI di Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang terkait layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan konsep diri dan secara praktis, dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan sekaligus referensi bagi pihak terkait yakni guru BK di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dalam memberikan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya dalam bimbingan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang fokus membahas sebuah fenomena dalam bimbingan pribadi. Tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan pribadi dalam meningkatkan konsep diri positif serta faktor pendukung dan penghambat layanannya. Subjek penelitian adalah siswa dan guru BK di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan metode deskriftif kualitatif serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Layanan bimbingan pribadi dalam pelaksanaannya menggunakan lima bentuk layanan yaitu layanan orientasi, penyaluran dan penempatan, informasi, bimbingan kelompok, konseling individu, dan tiga jenis kegiatan pendukungnya berupa aplikasi instrumentasi, tampilan kepustakaan dan kunjungan rumah dan faktor yang mendukung keberhasilannya meliputi adanya dukungan dari elemen sekolah, kualifikasi akademik guru BK, dan siswa sebagai konseli. Adapun faktor penghambatnya meliputi sarana dan fasilitas yang belum memenuhi syarat dan tidak adanya jam masuk kelas. 2) Konsep diri yang berhasil ditingkatkan berupa konsep diri sosial, fisik dan psikologis. Keyword : Layanan Bimbingan Pribadi, Konsep diri positif %Z Pembimbing: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.