relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12601/ title: KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU: KAJIAN DI SLTPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA creator: ACEP HELMI, NIM. 98474100 subject: Kependidikan Islam description: Lembaga pendidikan dengan program umum terwujud dalam sekolah-sekolah umum yang kualitssnya berkembang dengan subur dan diakui banyak menjadikan anak bangga berpotensi di level national maupun internasional. Demikian pula halnya lembaga pendidikan dengan program keagamaan yang terwujud dengan madrasah dan pesantren, sumbangsihnya tidak bisa diabaikan begitu saja, khususnya bagi pencapaian proklamasi kemerdekaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan metode penentuan subyeknya melalui metode populasi. Metode pengumpulan datanya melalui interview, observasi, dan dokumentasi. Metode analisa datanya menggunakan analisis data deskriptif analitik dengan metode pembahasannya menggunakan pola berfikir induktif, dan deduktif. Kurikulum terpadu terpadu di SLTP IT Abu Bakar Yogyakarta sudah mengarah untuk mengatasi dikotomi pendidikan. Hal ini bisa dilihat pada penggabungan dua buah kurikulum yaitu kurikulum SLTP rancangan Depdiknas dan kurikulum Departemen Agama, sehingga tampak dalam kurikulumnya dua warna pendidikan yang selama ini ada telah terintegrasi secara utuh. Fenomena ini ternyata telah relevan dengan cita-citanya untuk menghilangkan sekat-sekat antara pendidikan umum dengan pendidikan keagamaan. date: 2003-06-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12601/24/BAB%20I.%20V.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12601/1/BAB%20II.%20III.%20IV.pdf identifier: ACEP HELMI, NIM. 98474100 (2003) KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU: KAJIAN DI SLTPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.