TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Abdurrahman Assegaf, MA. ID - digilib12605 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12605/ A1 - DENIH MAULANA, NIM. 98474019 Y1 - 2003/02/27/ N2 - Dewasa ini pendidikan bagi orang-orang Islam khususnya di Indonesia belum bisa menjawab tantangan Barat yang serba modernis. Pentingnya untuk memanfaatkan kemerdekaan di Indonesia atas berkat para tokoh-tokoh terdahulu yaitu memperbaiki system pendidikan, khususnya bagi organisasi yang besar di Indonesia yaitu Muhammadiyah dan NU. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode analisa datanya melalui langkah deskriptif, interpretasi, komparasi, analisis, dan langkah pengambilan kesimpulan berbentuk tulisan. Persamaan pemikiran KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy?ari yakni sama-sama mempunyai pandangan yang berorientasi pada pembaharuan pendidikan Islam. Mereka samsama menerapkan system kelas dan melarang wiridan tarekat. Untuk mengangkat derajat dan mencerdaskan umat Islam dengan bekal ilmu pengetahuan Barat dan agama sehingga tercipta ulama yang berintelektual dan intelektual yang berulama. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata kunci: pemikiran KW - pendidikan Islam KW - KH Ahmad Dahlan KW - KH Hasyim Asy?ari M1 - skripsi TI - PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. AHMAD DAHLAN DAN KH. HASYIM ASY?ARI: STUDI ANALISIS-KOMPARATIF, YOGYAKARTA AV - restricted ER -