%A NIM. 98474107 DEWITRI LESTARI %O Pembimbing : Drs. Ahmad Arifi M.Ag %T PENDIDIKAN ANAK PRA SEKOLAH MENURUT MARIA MONTESSORI: STUDI ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM, YOGYAKARTA %X Maria Montessori seorang doctor wanita pertama di Italia, mengembangkan suatu system pendekatan terhadap anak balita yang dikenal dengan metode Montessori. Proses pendidikan terhadap anak balit dengan metode ini menekankan pada kegiatan yang mampu untuk merangsang anak balita agar lebih mandiri, mengembangkan rasa disiplin dan percaya diri dalam suasana aman dan penuh kasih sayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research),dan bersifat diskriptif analitik, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode analisa datanya menggunakan metode analisis data kualitatif dengan metode penalaran berfikir deduktif dan induktif. Pendidikan Montessori adalah pendidikan yang berdasarkan pada prinsip kebebasan dan prinsip mendidik diri sendiri, lebih bersifat individualitas. Konsep Montessori adalah konsep yang masih bersifat tradisional, karena pendidikan yang dibutuhkan sekarang adalah pendidikan modern dalam arti pendidikan yang tidak hanya menghasilkan anak didik cerdas intelekyual saja namun cerdas dalam emosional, spiritual dan lain sebagainya. %K Kata kunci: pendidikan anak, pra sekolah, Maria Montessori, pendidikan Islam %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib12606