%A NIM. 99414429 ULFAH SYAMSUL MA’RIFAH %O Pembimbing : Dra. Hj. Susilaningsih, MA %T IMPLIKASI PERKEMBANGAN KOGNISI ANAK MENURUT JEAN PIAGET DAN PENERAPANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %X Kognisi mengalami perkembangan yang terus menerus secara bertahap. Setiap tahap perkembangannya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perkembangan kognisi ini berpengaruh pada perubahan sifat religiusitas anak. Oleh karenanya secara otomatis berpengaruh pada proses penyelenggaraan pendidikan agama Islam. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis. Metode analisa data dan pembahasan berdasar pada metode analisis isi (content analysis), sedang metode pengumpulan datanya bersumber dari data primer dan sekunder Pemikiran Jean Piaget mengenai perkembangan kognisi anak memiliki kontribusi yang sangat besar dalam dunia pendidikan. Berdasar pada karakteristik masing-masing tahap perkembangan kognisi anak yang telah ditemukan Piaget tersebut dapat dirumuskan implikasiimplikasi kependidikan agama Islam setiap periode perkembangan tertentu. %K Kata kunci: kognisi anak, Jean Piaget, pendidikan agama Islam %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12607