@phdthesis{digilib12622,
           month = {April},
           title = {EFEKTIVITAS PROGRAM REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMAN 1
SRANDAKAN BANTUL

},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM. 09410147 AKHMAD SYUKUR PAMUNGKAS },
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Dra. Hj. Sri Sumarni M.Pd
},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12622/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang
bagaimana efektivitas Program Remedial pembelajaran agama Islam yang
diterapkan dalam Program Remidi. Fokusnya adalah evaluasi Program Remidi
dengan model CIPP (Context, Input, Process dan Product) dengan mengevaluasi
Program Remidi per komponen. Kemudian penentuan efektif tidaknya dengan
mengananalisis evaluasi keempat komponen tersebut. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan sumbang saran dan pemikiran tentang bagaimana
efektivitas Program Remedial pembelajaran agama islam dalam Program Remidi
yang selama ini dijalankan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif,
penelitian ini mengambil latar SMA N 1 Srandkan Bantul. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Analisis ini dilakukan dengan memberikan makna terhadap datadata
yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan secara khusus hasil evaluasi serta efektivitas
Program Remidi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: 1) Efektivitas
Program Remedial Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah sesuai dengan
kriteria-kriteria yang digunakan dalam model CIPP. Dari model CIPP yang
digunakan oleh penulis, tingkat efektivitas Program Remidi terdapat kesesuaian
dan persetujuan dari responden. Dari evaluasi per komponen, tingkat efektivitas
menunjukkan adanya kesesuaian antara langkah, rancangan serta proses dengan
apa yang ada di lapangan.Tingkat efektifitas juga bisa dilihat dari kesesuaian
antara apa yang dilakukan dengan indikator yang ditetapkan sesuai dengan apa
yang ada di lapangan. Adapun dari hasil angket evaluasi konteks memperoleh
skor 403 dari skala 200-600 dengan kriteria efektivitas tinggi. Sementara hasil
evaluasi input memperoleh skor 469 dari skala 250-750 dengan kriteria
efektivitas cukup. Adapun hasil evaluasi proses memperoleh skor 611 dari skala
300-900 dengan kriteria efektivitas tinggi. Dan yang terakhir hasil evaluasi produk
memperoleh skor 408 dari skala 200-600 dengan kriteria efektivitas tinggi. 2)
Dari sisi hasil, tingkat efektivitas Program Remidi juga menunjukkan tingkat
interval yang baik, yaitu menunjukkan angka 963 dari interval angka 426 hingga
1386. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa efektivitas Program Remidi
sudah cukup baik yaitu terletak dengan posisi dalam interval ?lebih dari setuju
dengan letak angka 963?.Adapun dari sisi hasil antara sebelum dan sesudah
diadakan Program Remidi terdapat peningkatan hasil sebagaimana yang tersebut
dalam evaluasi produk serta termasuk pada ktiteria efektivitas tinggi.

}
}