eprintid: 12622 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/26/22 datestamp: 2014-05-22 12:11:47 lastmod: 2017-08-02 04:04:15 status_changed: 2014-05-22 12:11:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AKHMAD SYUKUR PAMUNGKAS , NIM. 09410147 title: EFEKTIVITAS PROGRAM REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMAN 1 SRANDAKAN BANTUL ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana efektivitas Program Remedial pembelajaran agama Islam yang diterapkan dalam Program Remidi. Fokusnya adalah evaluasi Program Remidi dengan model CIPP (Context, Input, Process dan Product) dengan mengevaluasi Program Remidi per komponen. Kemudian penentuan efektif tidaknya dengan mengananalisis evaluasi keempat komponen tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbang saran dan pemikiran tentang bagaimana efektivitas Program Remedial pembelajaran agama islam dalam Program Remidi yang selama ini dijalankan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini mengambil latar SMA N 1 Srandkan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis ini dilakukan dengan memberikan makna terhadap datadata yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan secara khusus hasil evaluasi serta efektivitas Program Remidi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: 1) Efektivitas Program Remedial Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah sesuai dengan kriteria-kriteria yang digunakan dalam model CIPP. Dari model CIPP yang digunakan oleh penulis, tingkat efektivitas Program Remidi terdapat kesesuaian dan persetujuan dari responden. Dari evaluasi per komponen, tingkat efektivitas menunjukkan adanya kesesuaian antara langkah, rancangan serta proses dengan apa yang ada di lapangan.Tingkat efektifitas juga bisa dilihat dari kesesuaian antara apa yang dilakukan dengan indikator yang ditetapkan sesuai dengan apa yang ada di lapangan. Adapun dari hasil angket evaluasi konteks memperoleh skor 403 dari skala 200-600 dengan kriteria efektivitas tinggi. Sementara hasil evaluasi input memperoleh skor 469 dari skala 250-750 dengan kriteria efektivitas cukup. Adapun hasil evaluasi proses memperoleh skor 611 dari skala 300-900 dengan kriteria efektivitas tinggi. Dan yang terakhir hasil evaluasi produk memperoleh skor 408 dari skala 200-600 dengan kriteria efektivitas tinggi. 2) Dari sisi hasil, tingkat efektivitas Program Remidi juga menunjukkan tingkat interval yang baik, yaitu menunjukkan angka 963 dari interval angka 426 hingga 1386. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa efektivitas Program Remidi sudah cukup baik yaitu terletak dengan posisi dalam interval “lebih dari setuju dengan letak angka 963”.Adapun dari sisi hasil antara sebelum dan sesudah diadakan Program Remidi terdapat peningkatan hasil sebagaimana yang tersebut dalam evaluasi produk serta termasuk pada ktiteria efektivitas tinggi. date: 2014-04-02 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: AKHMAD SYUKUR PAMUNGKAS , NIM. 09410147 (2014) EFEKTIVITAS PROGRAM REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMAN 1 SRANDAKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12622/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12622/2/BAB%20II%2C%20III.pdf