TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd ID - digilib12629 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12629/ A1 - RISTIN NAFSUL MUTMAINAH , NIM. 10410019 Y1 - 2014/04/12/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah kenyataannya pada pembelajaran Ta?f?? tidak semua siswa di kelas unggulan mampu menghafal Al-Qur?an dengan tempo yang cepat sesuai target dari madrasah. Mengingat kelas unggulan adalah kelas yang berisi siswa-siswi yang memiliki kecerdasan kognitif yang lebih dibanding kelas yang lain. Siswa yang ber IQ tinggi identik dengan motivasi yang tinggi. Namun ternyata masih ada siswa yang lemah motivasinya dalam menghafal. Berkaitan dengan pembelajaran Al-Qur?an Hadits pada umumnya cenderung guru yang aktif, sehingga ketika siswa diberi tugas untuk menghafal Al-Qur?an maka banyak siswa yang tidak langsung siap. Setelah adanya materi pengayaan Ta?f?? ini guru merasa terbantu dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program Ta?f?? pada kelas unggulan, bagaimana efektivitas program Ta?f?? pada kelas unggulan, bagaimana dampak Ta?f?? terhadap keberhasilan pembelajaran Al- Qur?an Hadits, dan apa kendala dalam pelaksanaan program Ta?f??. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Jatinom. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis desktiptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu semua data yang diperoleh kemudian dianalisa dalam bentuk uraian naratif menggunaan proses berfikir induktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program Ta?f?? ini merupakan materi pengayaan dibidang agama pada kelas unggulan. Pelaksanaannya meliputi muroja?ah, melanjutkan bacaan, mempersiapkan hafalan, dan menyerahkan hafalan. Metode yang digunakan adalah sistem tugas rumah, dan aspek yang dinilai yaitu meliputi tajwid, makhorijul huruf, kelancaran, dan lagu/irama hafalan.(2) Pelaksanaan program Ta?f?? pada kelas unggulan di MTs Negeri Jatinom berjalan efektif, karena antara tujuan yang diharapkan sebanding dengan hasil yang diperoleh. Hal ini ditandai dengan perolehan hasil kemampuan siswa dari segi jumlah hafalan yaitu siswa mampu menghafalkan surat-surat pendek yang ada di juz?Amma didapatkan hasil kategori sangat efektif ada 8 siswa atau 11%, kategori efektif ada 38 siswa atau 55%, kategori cukup efektif ada 23 siswa atau 33%, dan kategori kurang efektif ada 1 siswa atau 1%. Serta hasil kemampuan siswa dari segi hukum bacaan didapatkan hasil kategori sangat efektif ada 27 siswa atau 39%, dan kategori efektif ada adalah 43 siswa atau 61%. (3) Dampak program Ta?f?? terhadap keberhasilan pembelajaran Al-Qur?an Hadits menunjukkan dampak positif. Hal ini dibuktikan dengan 94% atau 66 siswa mendapat nilai di atas KKM.(4) Kendala yang dialami yaitu terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran, terbatasnya guru pembimbing Ta?f??, dan juga terbatasnya dana untuk pengembangan program di kelas unggulan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Ta?f?? KW - dan pembelajaran Al-Qur?an Hadits. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PROGRAM TA?F?? PADA KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AL-QUR?AN HADITS DI MTs NEGERI JATINOM KLATEN AV - restricted ER -