%A WINDRIYAH AGUSTINI - NIM. 03460519 %O Pembimbing : Warsono, M.Si., %T PENDAYAGUNAAN HAND OUTS DALAM DIAGNOSIS-PRESKRIPTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran fisika yang menggunakan hand outs melalui penilaian portofolio dalam pembelajaran diagnosis preskriptif. (2) Mengetahui kriteria hand outs melalui penilaian portofolio yang sesuai untuk meningkatkan keaktifan siswa dan menimbulkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran fisika. Pengajaran diagnosis-preskriptif dalam pembelajaran fisika adalah pengajaran khusus dengan menggunakan metode tertentu untuk mentransfer materi pelajaran fisika guna mengembangkan keterampilan dan peningkatan pengetahuan siswa dalam belajar fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR) dengan menggunakan desain rancangan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Bambanglipuro Bantul. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pembelajaran (RPP, hand outs dan lembar wawancara), angket (untuk memperbaiki hand uots), dan lembar penilaian portofolio (untuk memonitoring prestasi belajar siswa). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika yang menggunakan hand outs melalui penilaian portofolio pada setiap siklus penelitian dengan rincian: Siklus I rata-rata persentase untuk kategori kurang sebesar 17%; untuk kategori cukup sebesar 50,4%; untuk kategori baik sebesar 31,5% dan untuk kategori sangat baik sebesar 1,1%. Siklus II rata-rata persentase untuk kategori kurang sebesar 10,7%; untuk kategori cukup sebesar 25%; untuk kategori baik sebesar 40,7% dan untuk kategori sangat baik sebesar 23,7%. Siklus III rata-rata persentase untuk kategori kurang sebesar 11,1%; untuk kategori cukup sebesar 14,1%; untuk kategori baik sebesar 36,7% dan untuk kategori sangat baik sebesar 38,1%. Kriteria hand outs yang sesuai untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai berikut: susun kata/kalimat singkat, mudah dimengerti, penuh dengan kata-kata kunci, tata letak dan perwajahan menarik, disertai dengan gambar dan contoh soal, soal-soal latihan harus sesuai dengan materi yang disajikan dalam hand outs, tidak panjang lebar sehingga menyerupai diktat mini, dan untuk lebih menarik dan memberikan variasi, hand outs digandakan dengan kertas berwarna yang berbeda-beda untuk hal/topik yang berbeda. %K Hand outs, diagnosis-preskriptif, portofolio, dan prestasi belajar. %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1264