@phdthesis{digilib12645, month = {April}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM MENGGUNAKAN KITAB TARIKH NURUL YAQIIN DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH III KELAS 3 ALMUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10410032 KHOLIFATUL UBAIDAH R. N }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Hj. Marhumah, M.Pd }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis serta untuk mengetahui: 1) Pembelajaran sejarah Islam menggunakan Kitab tarikh nurul yaqiin di Madrasah Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. 2) Efektivitas pembelajaran sejarah Islam menggunakan Kitab tarikh nurul yaqiin di Madrasah Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al- Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. 3) Faktor penghambat pembelajaran sejarah Islam menggunakan Kitab tarikh nurul yaqiin di Madrasah Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan data dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi, dengan mengambil latar di Madrasah Diniyah Salafiyah III Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-induktif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Kitab Tarikh Nurul Yaqiin yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Salafiyah III sudah seperti pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan formal yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Pembelajaran Sejarah Islam menggunakan Kitab Tarikh Nurul Yaqiin dikatakan efektif dalam hal ketepatan waktu ustadz dalam mengajar, motivasi ustadz dalam mengajar, persiapan ustadz dalam mengajar menggunakan banyak referensi, pemahaman santri terhadap teks arab, pengetahuan santri tentang nahwu shorof, respon santri selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil evaluasi santri. Sedangkan pembelajaran Sejarah Islam dikatakan kurang efektif dalam hal metode yang digunakan selama proses pembelajaran, kesiapan santri dalam mengikuti pelajaran, perilaku santri sebelum masuk kelas (sedikit santri yang belajar terlebih dahulu sebelum masuk kelas). 3) Faktor yang menghambat pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Kitab Tarikh Nurul Yaqiin Di Madrasah Diniyah Salafiyah III adalah: silabus yang belum dimaksimalkan dalam penggunaannya, RPP yang belum diterapkan sepenuhnya, metode yang terlalu monoton, waktu pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung malam hari yang hanya memiliki sisa-sisa tenaga santri, kesadaran santri terhadap madrasah yang memiliki label non formal menjadikan kepentingan madrasah menjadi nomor dua . } }