relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/
title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM  MENGGUNAKAN KITAB TARIKH NURUL YAQIIN DI  MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH III KELAS 3 ALMUNAWWIR  KOMPLEK Q KRAPYAK  YOGYAKARTA    
creator: KHOLIFATUL UBAIDAH R. N , NIM. 10410032
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis serta untuk  mengetahui: 1) Pembelajaran sejarah Islam menggunakan Kitab tarikh nurul  yaqiin di Madrasah Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-Munawwir Komplek Q  Krapyak Yogyakarta. 2) Efektivitas pembelajaran sejarah Islam menggunakan  Kitab tarikh nurul yaqiin di Madrasah Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-  Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. 3) Faktor penghambat  pembelajaran sejarah Islam menggunakan Kitab tarikh nurul yaqiin di Madrasah  Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang  berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada  kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci,  pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball,  teknik pengumpulan data dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat  induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari  pada generalisasi, dengan mengambil latar di Madrasah Diniyah Salafiyah III  Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi,  wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah  deskriptif-induktif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan  kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah  Islam Menggunakan Kitab Tarikh Nurul Yaqiin yang dilaksanakan di Madrasah  Diniyah Salafiyah III sudah seperti pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan  oleh lembaga pendidikan formal yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan  dan evaluasi. 2) Pembelajaran Sejarah Islam menggunakan Kitab Tarikh Nurul  Yaqiin dikatakan efektif dalam hal ketepatan waktu ustadz dalam mengajar,  motivasi ustadz dalam mengajar, persiapan ustadz dalam mengajar menggunakan  banyak referensi, pemahaman santri terhadap teks arab, pengetahuan santri  tentang nahwu shorof, respon santri selama proses pembelajaran berlangsung dan  hasil evaluasi santri. Sedangkan pembelajaran Sejarah Islam dikatakan kurang  efektif dalam hal metode yang digunakan selama proses pembelajaran, kesiapan  santri dalam mengikuti pelajaran, perilaku santri sebelum masuk kelas (sedikit  santri yang belajar terlebih dahulu sebelum masuk kelas). 3) Faktor yang  menghambat pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Kitab Tarikh Nurul  Yaqiin Di Madrasah Diniyah Salafiyah III adalah: silabus yang belum  dimaksimalkan dalam penggunaannya, RPP yang belum diterapkan sepenuhnya,  metode yang terlalu monoton, waktu pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung  malam hari yang hanya memiliki sisa-sisa tenaga santri, kesadaran santri terhadap  madrasah yang memiliki label non formal menjadikan kepentingan madrasah  menjadi nomor dua .    
date: 2014-04-29
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/2/lightbox.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/3/preview.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/4/medium.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/5/small.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/6/lightbox.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/7/preview.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/8/medium.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/9/small.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/14/lightbox.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/15/preview.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/16/medium.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/17/small.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/18/lightbox.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/19/preview.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/20/medium.jpg
format: other
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/21/small.jpg
identifier:   KHOLIFATUL UBAIDAH R. N , NIM. 10410032  (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM MENGGUNAKAN KITAB TARIKH NURUL YAQIIN DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH III KELAS 3 ALMUNAWWIR KOMPLEK Q KRAPYAK YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.