TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Dr. Hj. Marhumah, M.Pd

ID  - digilib12645
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12645/
A1  - KHOLIFATUL UBAIDAH R. N , NIM. 10410032
Y1  - 2014/04/29/
N2  - Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis serta untuk
mengetahui: 1) Pembelajaran sejarah Islam menggunakan Kitab tarikh nurul
yaqiin di Madrasah Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-Munawwir Komplek Q
Krapyak Yogyakarta. 2) Efektivitas pembelajaran sejarah Islam menggunakan
Kitab tarikh nurul yaqiin di Madrasah Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-
Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. 3) Faktor penghambat
pembelajaran sejarah Islam menggunakan Kitab tarikh nurul yaqiin di Madrasah
Diniyah Salafiyah III Kelas 3 Al-Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang
berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada
kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci,
pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball,
teknik pengumpulan data dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat
induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari
pada generalisasi, dengan mengambil latar di Madrasah Diniyah Salafiyah III
Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi,
wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif-induktif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah
Islam Menggunakan Kitab Tarikh Nurul Yaqiin yang dilaksanakan di Madrasah
Diniyah Salafiyah III sudah seperti pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan
oleh lembaga pendidikan formal yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi. 2) Pembelajaran Sejarah Islam menggunakan Kitab Tarikh Nurul
Yaqiin dikatakan efektif dalam hal ketepatan waktu ustadz dalam mengajar,
motivasi ustadz dalam mengajar, persiapan ustadz dalam mengajar menggunakan
banyak referensi, pemahaman santri terhadap teks arab, pengetahuan santri
tentang nahwu shorof, respon santri selama proses pembelajaran berlangsung dan
hasil evaluasi santri. Sedangkan pembelajaran Sejarah Islam dikatakan kurang
efektif dalam hal metode yang digunakan selama proses pembelajaran, kesiapan
santri dalam mengikuti pelajaran, perilaku santri sebelum masuk kelas (sedikit
santri yang belajar terlebih dahulu sebelum masuk kelas). 3) Faktor yang
menghambat pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Kitab Tarikh Nurul
Yaqiin Di Madrasah Diniyah Salafiyah III adalah: silabus yang belum
dimaksimalkan dalam penggunaannya, RPP yang belum diterapkan sepenuhnya,
metode yang terlalu monoton, waktu pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung
malam hari yang hanya memiliki sisa-sisa tenaga santri, kesadaran santri terhadap
madrasah yang memiliki label non formal menjadikan kepentingan madrasah
menjadi nomor dua .


PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
M1  - skripsi
TI  - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM
MENGGUNAKAN KITAB TARIKH NURUL YAQIIN DI
MADRASAH DINIYAH SALAFIYAH III KELAS 3 ALMUNAWWIR
KOMPLEK Q KRAPYAK
YOGYAKARTA


AV  - restricted
ER  -