%A NIM. 9843 3986 MUSRINGAH %O Pembimbing : Drs.Sedya Santosa, S.S., M.Pd. %T KORELASI ANTARA PEMANFAATAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS ISMU PIRI2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003 %X Pendidikan merupakan usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia melalui kegiatan pengajaran. Prestasi belajar siswa banyak di pengaruhi berbagai faktor, baik faktor yang berasal dari dirinya maupun dari luar dirinya. Belajar tuntas adala suatu system belajar yang mengharapkan sebagian besar siswa dapat menguasai tujuan instruksional umum (basic learning objectives) dari suatu satuan atau unit pelajaran tuntas. Berdasarkan prinsip belajar tuntas tersebut, adanya model pembelajaran dengan memanfaatkan media lembar kerja siswa (LKS) yang optimal merupakan salah satu alternative dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap pelajaran matematika. Menurut beberapa siswa SMU PIRI 2 Yogyakarta yang tinggal dilingkungan penulis, pemanfaatan lembar kerja siswa di SMU PIRI 2 Yogyakarta dilakukan dalam tiap semesternya. Diharapkan dengan adanya pemanfaatan lembar kerja siswa ini, siswa-siswa SMU PIRI 2 dapat meningkatkan prestasi belajar matematikanya. Kemandirian sebagai faktor internal yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran merupakan faktor yang penting dalam mempelajari pelajaran matematika yang mana kemandirian tersebut harus dimiliki oleh setiap siswa. Maka skripsi ini mengambil judul “Korelasi Antara Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Kemandirian Belajar Dengan Prestai Belajar Matematika Siswa Kelas I SMU PIRI 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2002/2003”. Berdasarkan penilitian dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara Pemanfaatan Lembar KerjaSiswa ( LKS ) dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas I SMU PIRI sebesar 0,619. 2. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas I SMU PIRI 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2002/2003 dengan koefisien korelasi sebesar 0,733. 3. Terdapat korelasi positif yang signifikan antara Pemanfatan Lembar Kerja siswa ( LKS ) dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas I SMU PIRI 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2002/2003 dengan koefisien korelasi sebesar 0,863. 4. Besarnya sumbangan efektif Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) terhadap Prestasi Belajar Matematika sebesar 29,05 % ; besarnya sumbangan efektif Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika sebesar 45,43 % ; Sedangkan besarnya sumbangan efektif Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap %D 2003 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12648