eprintid: 12659 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/26/59 datestamp: 2014-06-02 07:41:09 lastmod: 2014-06-02 07:41:09 status_changed: 2014-06-02 07:41:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHOEROTUN NI'MAB , NIM. 10410071 title: KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAL (TELAAH KITAB TA,LIM AI-M UTA ,A/LIM KARYA AZ-ZARNUJI DAN KITAB ADIIB AL- 'ALIM WA AL-MUTA,ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : H.Suwadi, M.Ag., M.Pd abstract: Penelitian ini merupakan penelitian jenis kepustakaan dengan data sumber kitab karya az-Zamuji dan KH. Hasyim Asy' ari. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunkan metode dokumentasi. Dalam menganalisis, penelitian ini menggunakan content analisys dan komparasi yaitu dengan melakukan penafsiran terhadap pemikiran az-Zamuji dan KH. Hasyim Asy' ari dan melakukan perbandingan dari isi kedua kitab, dan dari situlah diketahui masih relevankah dengan kompetensi kepribadian guru P AI pada masa kini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) kepribadian guru P AI yang menurut az-Zamuji diantaranya: Ikhlas dan menjaga diri dari hal-hal yang dapat merendahkan ilmu, rendah hati, takwa,wara ', berwibawa, lembut dan penyabar, sungguh-sungguh, kasih sayang, pemberi nasihat dan tidak iri/dengki. Sedangkan Kompetensi kepribadian menurut KH. Hasyim Asy' ari diantaranya yaitu menampilkan pribadi yang mencerminkan ketakwaan, berwibawa, wira 'i, sabar, rendah hati, ikhlas, Semangat, Berakhlak mulia, Menolong, Ikhlas, Tenang, Adil dan jujur, Ridho, Ramah, Tekun dan disiplin, Menghargai peserta didik, teladan, kreatif dan evaluator. 2) Persamaan dari konsep kompetensi kepribadian yang ditawarkan az-Zamuji dan KH. Hasyim Asy' ari yaitu kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru P AI didasarkan pada religious ethic dimana ketika dalam mengajar maupun bertindak didasarkan atas keimanan dan niat yang tulus. Sedangkan perbedaanya yaitu kepribadian yaitu kepribadian menurut az-Zamuji lebih khusus untuk diri sendiri dan kepribadian menurut KH. Hasyim Asy' ari lebih luas, selain terhadap diri sendiri juga terhadap orang lain 3) Relevansi kepribadian guru P AI menurut az-Zamuji dan KH. Hasyim Asy' ari dalam kitab Ta 'tim al-Muta 'allim dan Kitab Adab al- 'Alim wa al-Muta 'allim yaitu selain guru harus memiliki kepribadian yang diamanatkan dalam Permendiknas No 16 tahun 2007, juga harus memiliki kepribadian menurut az-Zamuji dan KH. Hasyim Asy' ari untuk menj.adi sosok guru P AI yang Ideal. Hal ini Karena kepribadian menurut az-Zamuji dan KH. Hasyim Asy'ari belum semuanya termaktub dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007, sehingga dengan adanya guru PAl yang memiliki kepribadian menurut az-Zamuji dan KH. Hasyim Asy'ari akan mendukung untuk mewujudkan eksistensi sosok guru P AI yang ideal guna mewujudkan tujuan pendidikan date: 2014-04-14 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: KHOEROTUN NI'MAB , NIM. 10410071 (2014) KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAL (TELAAH KITAB TA,LIM AI-M UTA ,A/LIM KARYA AZ-ZARNUJI DAN KITAB ADIIB AL- 'ALIM WA AL-MUTA,ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12659/22/small.jpg