%0 Thesis %9 Skripsi %A WARIDATUL FAIZAH - NIM. 01430971, %B Fakultas Saintek %D 2008 %F digilib:1266 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Kreativitas, pembelajaran, ICT (Information and Communication Technology). %T KREATIVITAS GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY DI SMA N 7 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1266/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui bentuk-bentuk kreativitas guru matematika kelas X SMA N 7 Yogyakarta dalam menggunakan media ICT (Information and Communication Technology) dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui faktor pendukung dan kendala kreativitas guru matematika kelas X SMA N 7 Yogyakarta, khususnya dalam menggunakan media ICT dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitia ini yang pertama adalah metode observasi, yang kedua metode wawancara dan yang ketiga dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan media ICT serta faktor pendorong dan kendala yang dialami guru. Hasil penelitian tersebut adalah:Pembelajaran dengan menggunakan media ICT, yaitu dengan menggunakan LCD dan komputer yang dilengkapi fasilitas internet dan intranet dalam menyampaikan materi pelajaran, menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan program e-learning, menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan program power point, menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan program e-learning dan power point. Faktor pendorong dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media ICT adalah: adanya seminar-seminar yang dilaksanakan oleh sekolah tentang hal-hal yang baru dan adanya pelatihan dari sekolah tentang suatu program untuk guru, tersedianya fasilitas yang cukup, diantaranya internet gratis yang bisa diakses di laboratorium TI, di ruang guru, LCD, laboratorium TI, terdapat ruang khusus untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan ICT, yaitu di ruang AVA, ruang Multi Media, Laboratorium TI, fasilitas foto copy, CD, dan flash disk gratis untuk guru, pengetahuan siswa tentang komputerisasi sudah bagus, sehingga guru terdorong untuk menyesuaikan terhadap siswa. Faktor kendala dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media ICT adalah, terbatasnya jumlah LCD yang tersedia, sehingga untuk setiap ruang kelas belum bisa difasilitasi dengan LCD, pengadaan fasilitas flash disk dan CD untuk siswa yang masih harus disediakan sendiri oleh siswa, kesempatan siswa meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas dengan menggunakan media ICT yang tidak bisa disamakan karena perbedaan kondisi, baik lingkungan maupun kepribadian. %Z Pembimbing : Drs. Edi Prajitno, M.Pd.