<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fakta kekuasaan kyai\r\ndi Pondok Pesantren Zahratul Jannah, Wates, Kulon progo, yogyakarta. Dengan\r\npenelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara luas tentang\r\nkekuasaan kyai dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren secara luas.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil obyek\r\npenelitian Pondok Pesantren Zahratul Jannah. pengambilan data dilakukan dengan\r\nobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk sumber data adalah kyai,\r\ngus, ustad, dan para santri Pondok Pesantren Zahratul Jannah. Dengan hal ini\r\npenulis menggunakan teknis analisis data dengan tahapan sebagai berikut;\r\npengumpulan data, analisis data, dan pembahasan dengan menggunakan teori\r\npertukaran sosial.\r\nHasil penelitian menunjukkan; (1) Pembelajaran bahasa Arab di pondok\r\npesantren Zahratul Jannah secara umum telah menciptakan suatu hubungan\r\npertukaran sosial-spiritual yang mempertimbangkan keuntungan-keuntungan\r\nspiritual dalam menjalankan hubungan. (2) Kekuasaan kyai Zahratul Jannah\r\ndapat menimbulkan kepatuhan yang berakibat pada hilangnya kebebasan dari\r\norang-orang yang berada dalam kekuasaannya. Namun di lain sisi, kekuasaan\r\nyang dimilikinya tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang bersifat profan,\r\nsebab kekuasaannya itu digunakan untuk mencapai kedudukan suci yang dapat\r\ndisebut sebagai kedudukan surgawi. (3) Kyai Zahratul Jannah merupakan patron,\r\nyakni tempat bergantung para santri. Dalam konteks ini, santri yang tinggal di\r\nlingkungan pesantren mendasarkan diri pada penyerahan diri (taat) untuk\r\nmemungkinkan dirinya me~adi anak santri sepenuhnya agar mendapatkan apa\r\nyang disebut barokah dari kyai. (4) Pemberian ijazah oleh kyai Zahratul Jannah\r\nkepada ustad merupakan proses pertukaran yang di dalamnya tergambar bentuk\r\ninteraksi dalam struktur pertukaran. Kesempatan pertukaran memberikan peluang\r\nkepada kyai Zahratul Jannah untuk menginisiasikan pertukaran berupa sanad dan\r\nsantri memberikan penghormatan. Ketika inisiasi terbalas, yang berarti ketika\r\npemberian ijazah sanad terbalas dengan pemberian penghormatan oleh santri,\r\nmaka secara tidak langsung telah te:tjadi serangkaian transaksi terus-menerus di\r\nantara kyai-santri. (5) Dalam lingkungan pesantren Zahratul Jannah terdapat\r\ntransaksi pertukaran timbal-balik. Yang mana dalam transaksi ini terdapat\r\nkecenderungan kyai maupun santri Zahratul Jannah melakukan negosiasi\r\npertukaran tanpa mengetahui apakah kyai atau santri akan memberikan balasan\r\natau kapan balasan itu akan diberikan.\r\nKata kunci: Teori Pertukaran Sosial, Pembelajaran Bahasa Arab, Kekuasaan Kyai"^^ . "2013-06-10" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1120411035"^^ . "MUHAMMAD ZAAIRUL HAQ"^^ . "NIM. 1120411035 MUHAMMAD ZAAIRUL HAQ"^^ . . . . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Text)"^^ . . . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . . "KEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #12661 \n\nKEKUASAAN KYAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN KONSERVATIF ZAHRATUL JANNAH WATES KULON PROGO YOGYAKARTA (ANALISIS DENGAN MENGGUNAKAN TEORI PERTUKARAN SOSIAL)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .