eprintid: 12668 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/26/68 datestamp: 2014-06-03 03:50:41 lastmod: 2016-03-07 02:01:25 status_changed: 2014-06-03 03:50:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHOLISHIN, NIM. 08680060 title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning, Tanggapan note: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA biologi melalui model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD) di MTs Negeri Yogyakarta II 2012/2013 pada materi gerak tumbuhan dan tanggapan siswa terhadap model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan tipe Students Teams Achievement Divission (STAD) materi pokok Gerak Tumbuhan kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta II tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimental), dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri Yogyakarta II dengan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak tiga kelas yaitu kelas VIII E (sebagai kelas eksperimen 1), kelas VIII F (sebagai kelas eksperimen 2) dan kelas VIII G (sebagai kelas kontrol). Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes, dan angket tanggapan belajar Biologi siswa. Analisis data untuk tanggapan siswa belajar Biologi menggunakan analisis deskriptif dan analisis hasil belajar siswa pada aspek kognitif menggunakan uji anava satu jalur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA biologi melalui model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD), hal tersebut ditunjukkan dengan nilai p = 0,030 (p<0.05). Demikian pula data tanggapan siswa menunjukkan tanggapan yang sangat baik, hal tersebut ditunjukkan dengan persentase model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD) 90.62% dan 84.37%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA biologi melalui model Cooperative Learning tipe jigsaw dan tipe Student Teams Achievement Divission (STAD) dan tanggapan siswa yang tergolong sangat baik terhadap model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan tipe Students Teams Achievement Divission (STAD). date: 2014-04-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KHOLISHIN, NIM. 08680060 (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISSION (STAD) DI MTS NEGERI YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12668/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12668/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf