eprintid: 12677 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/26/77 datestamp: 2014-06-03 08:59:08 lastmod: 2017-08-02 04:05:37 status_changed: 2014-06-03 08:59:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ALFI FARHATIL AZIZAH , NIM. 10411027 title: PEMBINAAN AKHLAK BERBASIS EVALUASI ANECDOTAL RECORD DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd. abstract: ALFI FARHATIL AZIZAH. Pembinaan Akhlak Berbasis Evaluasi Anecdotal Record di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Gandu Berbah Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah penggunaan Evaluasi Anecdotal Record yang masih sangat sedikit dan jarang digunaka serta tindak lanjutnya khususnya dalam penilaian ranah afeksi dan pembinaan Akhlak. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi Anecdotal Record, tindak lanjut dalam Pembinaan Akhlak santri, dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan evaluasi Anecdotal Record dalam pembinaan Akhlak santri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk penyempurnaan penyelenggaraan pembinaan Akhlak berbasis evaluasi Anecdotal Record. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Gandu Berbah Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan Verification. Penarikan kesimpulan menggunakan trianggulasi data yaitu pengumpulan data melalui interview dilengkapi dengan data pengamatan dan data dokumen. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan evaluasi Anecdotal Record sudah sering digunakan, bahkan yang melakukan atau subjek pelaksanaanya tidak hanya guru atau ustadzah saja, namun ada beberapa santri yang dilibatkan dalam pelaksanaan evaluasi Anecdotal Record, yakni santri yang mengikuti Organisasi Santri Ibnul Qoyyim (OSIQ) yang disebut Mudhobiroh dan santri yang sedang menjalani hukuman. Ini bertujuan untuk pembiasaan dan agar santri berhati-hati dalam berperilaku karena disekeliling ada mata-mata atau petugas evaluasi Anecdotal Record. dan cara untuk mengevaluasi atau pemberian skor santri dengan point pelanggaran yang nantinya akan di kumpulkan point pelanggaran tersebut selama 1 semester kemudian ditulis dalam Raport Akhlak spiritual pengasuhan. (2) Tindak lanjut evaluasi Anecdotal Record untuk melakukan pembinaan Akhlak santri mengungkapkan adanya tindakan represif dan tindakan kuratif. Usaha yang dilakukan dalam tindakan represif antara lain teguran, nasihat, peringatan, dan sanksi atau hukuman. Sedangkan usaha yang dilakukan dalam tindakan kuratif yaitu melakukan pengawasan, melakukan bimbingan secara pribadi, dan menanamkan nilai-nilai Islami. (3) Faktor yang mendukung yakni orang tua atau wali santri dan adanya kemudahan mendeteksi santri yang melakukan pelanggaran atau perbuatan tercela. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu ketidak jujuran santri, malas, kurang optimal, timbul dongkolan, lelah, dan telat. date: 2014-04-29 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ALFI FARHATIL AZIZAH , NIM. 10411027 (2014) PEMBINAAN AKHLAK BERBASIS EVALUASI ANECDOTAL RECORD DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI GANDU BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12677/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12677/2/BAB%20II%2C%20III.pdf