eprintid: 12678 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/26/78 datestamp: 2014-06-03 09:00:47 lastmod: 2014-06-03 09:00:47 status_changed: 2014-06-03 09:00:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SATRIA KHARIMUL QOLBI , NIM. 10411023 title: DINAMIKA PENDIDIKAN KETERAMPILAN MENGAJAR PAI BAGI SISWA DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Tasman Hamami, MA abstract: SATRIA KHARIMUL QOLBI. Dinamika Pendidikan Keterampilan Mengajar PAI bagi Siswa di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitan ini berawal dari visi Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yaitu menghasilkan kader pendidik. Visi tersebut yang menjadi permasalah terkait dengan upaya madrasah dalam mencetak kader pendidik dengan materi ilmu keguruan. Hal tersebut yang menjadi dinamika pendidikan keterampilan mengajar di Madrasah Mu’allimin, dimana pendidikan keterampilan mengajar ditempuh dengan pembelajaran ilmu keguruan dari awal berdirinya Madrasah Mu’allimin hingga saat ini. Dalam perjalannya mencetak kader pendidik banyak perubahan-perubahan yang terjadi pada pembelajaran ilmu keguruan. Untuk meningkatkan keterampilan mengajar, pembelajaran ilmu keguruan perlu mengadakan praktek mengajar. Praktek mengajar hanya diberi waktu satu kali praktek dalam tiga tahun pembelajaran ilmu keguruan, sehingga dengan waktu yang sedikit siswa mencoba untuk meningkatkan keterampilan mengajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa bagaimana proses perjalanan ilmu keguruan yang ada di Madrasah Mu’allimin. Hal tersebut menjadi dinamika pendidikan keterampilan mengajar di Madrasah Mu’allimin ditinjau dari perubahan model pembelajaran dari tahun ke tahun. Dan dengan adanya ilmu keguruan tersebut merupakan wujud upaya Madrasah Mu’allimin untuk meningkatkan keterampilan mengajar siswa dengan diadakannya praktek mengajar, sehingga dapat disimpulkan praktek mengajar yang dilakukan siswa meruapakan bentuk untuk menilai seberapa baik keterampilan mengajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Dinamika pendidikan keteramilan mengajar bahwasahnya dalam mencapai visi Madrasah Mu’allimin salah satunya untuk membentuk kader siswa sebagai pendidik yaitu dengan Ilmu Keguruan yang diterapkan di Madrasah Mu’allimin. Ditinjau dari sejarahnya bahwa seiring dengan berjalannya waktu terdapat perubahan-perubahan model pembelajaran Ilmu Keguruan hingga saat ini, akan tetapi dengan perubahan tersebut terdapat ada upaya madrasah untuk mencetak siswa menjadi seorang pendidik. Sehingga upaya untuk memberikan keterampilan mengajar bagi di Madrasah Mu’allimin sudah baik. Dilihat dengan produk alumni Madrasah Mu’allimin seperti Prof. Dr. Ahmad Syafi’I Ma’arif alumni tahun 1956. 2) Keterampilan mengajar PAI bagi siswa dengan mengamati siswa mengajar, bahwa keterampilan mengajar yang terdiri dari keterampilan membuka pelajaran, memberi penguatan, bertanya, mengelola kelas, mengadakan variasi, menggunakan media, menjelaskan dan menutup pelajara. Dari kedelapan keterampilan mengajar ini 5 berkatagori baik, 2 berkatagori cukup dan 1 berkatagori sangat kurang, oleh karena itu keterampilan mengajar PAI bagi siswa dapat disimpulkan sudah baik dengan 5 katagori baik yang sudah terpenuhi. date: 2014-05-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: SATRIA KHARIMUL QOLBI , NIM. 10411023 (2014) DINAMIKA PENDIDIKAN KETERAMPILAN MENGAJAR PAI BAGI SISWA DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12678/22/small.jpg