@phdthesis{digilib12689, month = {March}, title = { IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT SALSABILA 5 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10411048 RIZKY YULI RETNANI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami M.A }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12689/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran quantum teaching dalam hal langkah-langkah pembelajarannya, mengetahui keadaan peningkatan prestasi belajar, dampak yang terjadi diterapkannya model quantum teaching. Latar belakang masalah penelitian ini adalah model pengajaran quantum teaching sedang diminati oleh para guru saat ini. Begitu juga dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Salsabila 5 Purworejo. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan mengambil latar SDIT Salsabila 5 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan model quantum teaching menggunakan kerangka TANDUR, yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan. Model quantum teaching ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari rata-rata nilai kelas 88 menjadi 91. Guru melakukan penilaian dengan ranah kognitif dan afektif. Ranah kognitif digunakan oleh guru dalam bentuk nilai raport. Adapaun nilai raport didapat dari nilai ulangan harian, nilai ulangan tengah semester, dan nilai ulangan akhir semester. Ranah afektif didapat guru dari perhatian, kedisiplinan, dan sikap siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dampak diterapkannya model quantum teaching dibagi menjadi dua yaitu dampak instruksional yaitu berupa meningkatnya motivasi dan prestasi belajar. Adapun dampak pengiring antara lain timbulnya kerjasama antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa serta siswa dapat mengungkapkan pendapatnya dimuka umum. } }