TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Na?imah, M.Hum ID - digilib12692 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12692/ A1 - GHULAMUL MUSTOFA , NIM. 10470010 Y1 - 2014/04/07/ N2 - Ghulamul Mustofa, Implementasi Full-day school Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel Tuban Jawa Timur. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari penerapan full-day school di Madrasah Aliyah Negeri Rengel pada kelas X dan XI dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, faktor pendukung dan hambatan yang dihadapi dengan implementasi full-day school tersebut, serta upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Rengel dan merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil judul Implementasi Full-day school untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rengel. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti bersumber dari dokumen-dokumen dan informan, sedangkan teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi dan indepth interview. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif dengan memberikan pemaparan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk uraian naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi full-day school program bahasa Arab, bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas X dan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) serta IPA pada kelas XI yang telah berjalan hampir 9 tahun ini, ternyata mampu meningkatkan prestasi belajar siswa serta menambah kreativitas siswa dalam proses pembelajaran di kelas dan lebih mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami materimateri full-day school yang diberikan oleh madrasah. Terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan full-day school di MAN Rengel, faktor pendukungnya terdiri dari motivasi, materi dan pendanaan. sedangkan hambatan itu di antaranya berkaitan dengan: Siswa atau peserta didik, Guru atau pendidik, sarana dan prasarana, dan kurikulum. Selanjutnya dalam mengatasi hambatan tersebut harus ada upaya yang dilakukan pihak MAN Rengel, adapun beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah dengan : Selalu memotivasi peserta didik, Menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas, Melengkapi sarana dan prasarana serta mengembangkan kurikulum dengan tepat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci : full-day school KW - prestasi belajar M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI FULL-DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) RENGEL TUBAN JAWA TIMUR AV - restricted ER -