%0 Thesis %9 Skripsi %A SUCI HARTATI - NIM. 02431168, %B Fakultas Saintek %D 2008 %F digilib:1271 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Optimal, Pendekatan matematika realistik. %T OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KARANGWARU %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1271/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran matematika siswa kelas IV A SD Muhammadiyah Karangwaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Muhammadiyah Karangwaru tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari 39 siswa. Setting penelitian yang digunakan adalah setting kelas IV A SD Muhammadiyah Karangwaru yang terletak di Karangwaru Lor TR II/14 Tegalrejo Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, angket respons siswa, wawancara dengan guru dan siswa, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pembelajaran matematika pada siswa kelas IV A SD Muhammadiyah Karangwaru dengan pendekatan matematika realistik sudah optimal. Hal ini terlihat berdasarkan : (a) Hasil belajar di mana rata-rata nilai tes meningkat yaitu dari 75,00 pada siklus I menjadi 79,18 pada siklus II dan sebanyak 76,92% atau 30 siswa meningkat hasil belajarnya; (b) Lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran menunjukkan aktivitas siswa meningkat sebesar 7,78% yakni dari 63,33% pada siklus I menjadi 71,11% pada siklus II; (c) Pengisian angket, jumlah siswa yang memberikan respons positif terhadap pembelajaran sebesar 66,03%. Selama pembelajaran di kelas telah ditemukan kelima karakteristik pendekatan matematika realistik sebagai upaya mengoptimalkan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV A SD Muhammadiyah karangwaru yang berupa (1) Konteks nyata yang terlihat pada kegiatan pemotongan buah apel, pemotongan kertas beberapa warna, kegiatan pembagian permen, dan soal-soal kontekstual pada LKS; (2) Penggunaan modelmodel yang didemonstrasikan oleh siswa secara individu maupun kelompok. Model berupa penggunaan media seperti apel, pita kertas, permen, beberapa ilustrasi gambar pada LKS, dan simbol-simbol pecahan; (3) Produksi dan konstruksi siswa baik lisan maupun tulisan; (4) Interaksi berupa komunikasi multi arah antara guru dan siswa berupa bimbingan dan tanya jawab, interaksi antarsiswa dalam kerja kelompok, dan interaksi siswa dengan media pembelajaran (buku paket, LKS, dan benda-benda konkret sebagai media); (5) Keterkaitan materi yang dipelajari dengan pembagian, pengukuran, penjumlahan, mengurutkan bilangan bulat, dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). %Z Pembimbing : Ali Mahmudi, M.Pd.