<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n"^^ . "Permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab sering terjadi tanpa\r\ndiduga sebelumnya oleh siswa maupun guru. Keberadaan peserta didik\r\npenyandang disabilitas dalam satu lingkup pembelajaran terutamanya tunanetra di\r\nkelas sering membuat kebingungan bagi guru maupun siswa. Sebagai mata\r\npelajaran wajib yang diajarkan di madrasah, bahasa arab juga diberikan kepada\r\nsiswa tunanetra di MAN Maguwoharjo tanpa pengucualian baik tuntutan\r\npenguasaan materi maupun metode penilian yang digunakan. Mereka secara\r\nkemampuan juga sangat berpariasi seperti halnya siswa yang mampu melihat\r\ndengan sempurna. Ada yang di kelas itu sangat aktif dan ada pula yang sangat\r\npasif saat pembelajaran berlangsung.Sementara itu, pada tahun ajaran 2013/2014\r\nMAN Maguwoharjo menerima peserta didik baru yang mengalami ketunanetraan\r\nsebanyak 5 (lima) orang. Dari 14 (empatbelas) siswa tunanetra yang ada di\r\nMadrasah saat ini, di satu kelas maksimal hanya dihuni oleh 2 (dua) tunanetra\r\nsaja. Pelaksanaan pengajaran di Madrasah ini berlangsung sebagaimana\r\npelaksanaan pengajaran bahasa Arab di Madrasah yang lain. Guru tetap mengajar\r\nsecara universal kepada seluruh siswa yang ada di dalam kelas tanpa mengabaikan\r\npula penyandang disabilitas netra yang ada bersama mereka. Untuk membantu\r\nproses belajar di kelas, biasanya siswa tunanetra didampingi oleh salah satu\r\ntemannya yang bertugas membacakan.\r\nProblematika pengajaran Bahasa Arab di Indonesia dapat dikategorikan\r\nkedalam tiga hal, yaitu: problem linguistik, problem metodologis dan problem\r\nsosiologis. Ketiga problem inilah yang sering menjadi penghambat bagi para guru\r\nmaupun siswa dalam melaksanakan aktifitas pembelajaran bahasa Arab. Problem\r\nyang dihadapi guru bahsa Arab MAN Maguwoharjo adalah: Alokasi waktu yang\r\nkurang dibandingkan dengan bahasa Inggris, Motivasi siswa yang masih kurang\r\nuntuk belajar bahasa Arab, Tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas,\r\nKemampuan siswa yang sangat beragam, Sumber belajar yang belum bisa\r\ndipergunakan oleh tunanetra secara langsung. sementara problem yang dialami\r\nsiswa tunanetra adalah: Kesulitan dalam mengakses sumber belajar bahasa Arab,\r\nKesulitan mendapatkan pembaca yang lancar membacakan tulisan arab, Terbatas\r\nsekali dalam menguasai kosakata karena tidak bisa menggunakan kamus, Kondisi\r\nkelas yang terkadang sangat tidak kondusif. Problem siswa pendamping tunanetra:\r\nMengalami kesulitan saat mendapatkan tulisan yang tidak berharakat, Kondisi\r\nkelas yang sangat tidak kondusif sehingga teks yang dibacakan kurang bisa\r\ndisimak dengan jelas oleh tunanetra.\r\nDari berbagai macam problematika yang diahdapi selama ini telah\r\ndilakukan inovasi dan solusi sesuai dengan kemampuan mereka. Namun begitu,\r\npartisipasi aktif dari berbagai pihak yang peduli terhadap kemajuan pendidikan.\r\n\r\n"^^ . "2014-05-06" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 10420010"^^ . "MUHAMMAD FUAD GHUFRON"^^ . " NIM. 10420010 MUHAMMAD FUAD GHUFRON"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB\r\nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH\r\nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA\r\nTAHUN AJARAN 2013/2014\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #12713 \n\nPROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB \nTERHADAP TUNANETRA DI “SEKOLAH INKLUSI” MADRASAH ALIYAH \nNEGERI (MAN) MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA \nTAHUN AJARAN 2013/2014 \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .