eprintid: 12714 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/27/14 datestamp: 2014-06-06 03:24:35 lastmod: 2017-08-02 04:11:21 status_changed: 2014-06-06 03:24:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AFIDATUN, NIM. 10411006 title: UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Kooperatif Two Stay Two Stray, Karakter Belajar Siswa, Pembelajaran Fiqih note: Pembimbing : Dr. Muqowim. M.Ag abstract: AFIDATUN. Upaya Meningkatkan Karakter Belajar Fiqih Siswa Kelas VII A dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian adalah bahwa pembelajaran kooperatif membuka peluang bagi upaya mencapai peningkatan ketrampilan sosial peserta didik dan meningkatkan karakter belajar fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray untuk meningkatkan karakter belajar siswa di kelas VII A MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen dalam pembelajaran Fiqih. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan siswa dengan menggunakan strategi two stay two stray adalah. 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru, 2) Membiasakan belajar, 3) Bertanya kepada guru atau teman jika mengalami kesulitan materi, 4) Menjawab pertanyaan, 5) Melatih rasa tanggungjawab, 6) Bekerjasama didalam kelompok. Karakter siswa juga meningkat dari hasil rata-rata perhitungan angket yaitu siklus 1 sebesar 67.06% dan siklus II meningkat menjadi 81.75% Dengan demikian karakter siswa mengalami peningkatan sebesar 14.69% Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan strategi two stay two stray dalam pembelajaran fiqih kelas VII A MTs Wathoniyah Islamiyah Kebumen mengalami peningkatan yaitu dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi. date: 2014-04-25 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: AFIDATUN, NIM. 10411006 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DI MTS WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12714/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12714/2/BAB%20II%2C%20III.pdf