%0 Thesis %9 Skripsi %A WIDADA - NIM. 03450457, %B Fakultas Saintek %D 2008 %F digilib:1273 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pendekatan, Keterampilan Proses, Motivasi, dan Pemahaman. %T PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN TRANSPORTASI PADA MEMBRAN SEL UNTUK SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI I KALIBAWANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1273/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada pokok bahasan transport pada membran sel, peningkatan tersebut diupayakan dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah Pendekatan Keterampilan Proses bisa terlaksana pada pembelajaran di kelas XI IPA MAN I Kalibawang, mengetahui berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa serta mengetahui kompetensi apa saja yang dapat dicapai dalam setiap siklus pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN I Kalibawang tahun ajaran 2007-2008. Data yang dikumpulkan adalah data Penguasaan Keterampilan Proses, yang didapat dari lembar observasi, data motivasi belajar yang didapat dari angket motivasi dan data pemahaman siswa yang didapat dari soal pre test dan post test. Data yang didapat dianalisis secara kualitatif dengan memaparkan frekuensi dan persentase, kemudian dibandingkan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada sub pokok bahasan transport pada membran sel. Peningkatan ini terlihat dari meningkatnya persentase motivasi belajar dan rata-rata tes pemahaman siswa. Selain itu dari penelitian, dapat diketahui bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat terlaksana pada pembelajaran kelas XI IPA MAN I Kalibawang, hal ini ditunjukan dengan terus meningkatnya persentase penguasaan aspek keterampilan proses yang dikembangkan pada setiap siklusnya. Sementara, jumlah siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa, kelas XI IPA MAN I Kalibawang, adalah 3 siklus. %Z Pembimbing : Drs. Sujdoko M.S.