eprintid: 1273 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/12/73 datestamp: 2012-06-04 12:36:55 lastmod: 2016-12-13 02:11:02 status_changed: 2012-05-04 16:40:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WIDADA - NIM. 03450457, title: PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN TRANSPORTASI PADA MEMBRAN SEL UNTUK SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI I KALIBAWANG ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pendekatan, Keterampilan Proses, Motivasi, dan Pemahaman. note: Pembimbing : Drs. Sujdoko M.S. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada pokok bahasan transport pada membran sel, peningkatan tersebut diupayakan dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah Pendekatan Keterampilan Proses bisa terlaksana pada pembelajaran di kelas XI IPA MAN I Kalibawang, mengetahui berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa serta mengetahui kompetensi apa saja yang dapat dicapai dalam setiap siklus pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN I Kalibawang tahun ajaran 2007-2008. Data yang dikumpulkan adalah data Penguasaan Keterampilan Proses, yang didapat dari lembar observasi, data motivasi belajar yang didapat dari angket motivasi dan data pemahaman siswa yang didapat dari soal pre test dan post test. Data yang didapat dianalisis secara kualitatif dengan memaparkan frekuensi dan persentase, kemudian dibandingkan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada sub pokok bahasan transport pada membran sel. Peningkatan ini terlihat dari meningkatnya persentase motivasi belajar dan rata-rata tes pemahaman siswa. Selain itu dari penelitian, dapat diketahui bahwa Pendekatan Keterampilan Proses dapat terlaksana pada pembelajaran kelas XI IPA MAN I Kalibawang, hal ini ditunjukan dengan terus meningkatnya persentase penguasaan aspek keterampilan proses yang dikembangkan pada setiap siklusnya. Sementara, jumlah siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa, kelas XI IPA MAN I Kalibawang, adalah 3 siklus. date: 2008-07-21 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-21 12:57:53 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--widadanim0-888-1-widada0-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/18/digilib-uinsuka--widadanim0-888-1-widada0-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1031 ; nama file lama : WIDADA 03450457 PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN TRANSPORTASI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1402836 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: WIDADA - NIM. 03450457, (2008) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN TRANSPORTASI PADA MEMBRAN SEL UNTUK SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI I KALIBAWANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1273/1/BAB%201%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1273/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf