%0 Thesis %9 Skripsi %A RIZKI NURJANAH, NIM. 10470023 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:12739 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Guru Agama, Ketaatan Beragama. %T UPAYA GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN KETAATAN BERAGAMA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12739/ %X Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat ketaatan beragama siswa, bagaimana upaya guru agama dalam meningkatkan ketaatan beragama siswa, penerapan model pendidikan agama serta apa saja faktor pendukung dan penghambat guru agama dalam meningkatkan ketaatan beragama di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini terfokus pada agama Islam dan agama katolik yang ada di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan pengumpulan data di SMP Negeri 15 Yogyakarta, pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. peneliti menggunakan triangulasi teknik, yakni wawancara kemudian dicek dengan observasi dan dokumentasi untuk melihat apakah yang disampaikan narasumber sesuai atau tidak. Ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan keabsahan data yang telah dikumpulkan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu data reduction (Reduksi Data), data display (Penyajian Data), verification (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1). Tingkat ketaatan beragama siswa bisa dikatakan sedang, karena masih ada beberapa siswa yang belum mengikuti dan mengerjakan kegiatan keagamaan yang memang diwajibkan bagi setiap umat beragama, baik itu agama Islam maupun agama Katolik. (2). Upaya yang telah dilakukan guru agama dalam meningkatkan ketaatan beragama ialah dilakukan dengan menyampaikan materi keagamaan ketika didalam kelas, diadakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan dilingkungan sekolah, yang terakhir dengan menggunakan beberapa metode. (3). model pendidikan agamanya baru samapai pada konteks in the wall ke at the wall saja, terlihat dari kegiatan serta aktifitas siswa yang saling menghargai dan menghormati perbedaan agama diantara mereka. (4). Faktor yang mendukung adalah adanya perhatian dari pihak sekolah, bantuan serta kerjasama dengan guru mata pelajaran lain, kemudian dari kemauan anak itu sendiri. Faktor penghambat adalah pihak keluarga, sarana prasarana, serta internet. %Z Pembimbing : Zainal Arifin, S.Pd.I., M.SI.