%A VETO ADYWINATA - NIM. 03460521 %O Pembimbing : Yusman Wiyatmo, M.Si. %T PENGARUH IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING DENGAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GOUP TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAKAjaran 2007-2008) %X Penelitian ini bertujuan untuk 1).mengetahui kelebihan metode pembelajaran group to group dengan menggunakan pendekatan contekstual teaching learning pada pembelajaran fisika, 2).mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran group to group dengan menggunakan pendekatan contekstual teaching learning terhadap peningkatan prestasi belajar fisika dan 3). mengetahui penerapan metode pembelajaran group to group dengan menggunakan pendekatan contekstual i teaching learning yang dapat menarik minat siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN III Yogyakarta. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Tahun Ajaran 2007/2008 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan asumsi bahwa tiap kelas mempunyai kemampuan yang sama dan ditentukan kelas XA sebagai sampelnya yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes prestasi belajar fisiska (pretes dan postes), metode angket dan metode observasi. Data penelitian berupa nilai pretes, nilai post-tes dan pendapat siswa tentang metode group to group dengan pendekatan CTL. Analisis data dilakukan dengan pearson correlation dan alfa cronbach, untuk uji persyaratan analisis menggunakan uji Kolmogorov smirnov-Z, ANOVA dan uji T-test. Dari hasil uji persyaratan analisis penelitian ini. Untuk uji Kolmogorov smirnov-Z probabilitas pretes sebesar 0,401dan untuk postes sebesar 0,071 pada taraf signifikansi 0,05 maka K-hitung 0,05 maka berdistribusi normal. Hasil uji Homogenitas untuk F-hitung untuk pretes 1,707 dengan probabillitas 0,198 dan F-hitung untuk postes 1,287 dengan probabilitas 0,262 pada taraf signifikansi 5% maka (p) 0,05 bersifat homogen. Hasil uji T-test probabilitas untuk pretes sebesar 0,81 pada taraf signifikansi 5%, karena (p) 0,05 maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan dan untuk hasil uji T-test pada postes sebesar 0,016pada taraf signifikansi 5%, karena (p) 0,05 maka terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini didapatkan kelebihan dari metode pembelajaran group to group dengan pendekatan contekstual teaching learning, siswa akan lebih aktif dalam pembelajaran fisika, adanya pengaruh yang positif antara prestasi belajar fisika siswa dan minat belajarnya terhadap pelajaran fisika dengan implementasi metode pembelajaran group to group dengan pendekatan contekstual teaching learning pada pokok bahasan gerak siswa kelas X MAN III Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008. %K Group to Group, CTL dan Prestasi Belajar. %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib1274