%0 Thesis %9 Skripsi %A FAYAKUN MUCHLIS, NIM. 10690059 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:12761 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Model kontekstual (CTL), metode POE, kemampuan berpikir tingkat tinggi, fluida statis. %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN METODE POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA KELAS XI PADA POKOK BAHASAN MEKANIKA FLUIDA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12761/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode POE terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi fluida statis. (2) Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kontekstual (CTL) dengan metode POE pada materi fluida statis. (3) Efektivitas model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode POE terhadap pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode POE serta variabel terikat berupa kemampuan berpikir tingkat tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 8 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan statistik parametrik yaitu uji t serta normalized gain (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode POE terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi fluida statis (nilai sig.(1- tailed) = 0,001 < α = 0,05; maka Ha diterima). 2) Terdapat peningkatan yang signifikan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kontekstual (CTL) dengan metode POE terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi fluida statis (N-gain kelas eksperimen = 0,371 (sedang) > N-gain kelas kontrol = 0,270 (rendah), maka Ha diterima). 3) Model pembelajaran kontekstual (CTL) dengan metode POE lebih efektif terhadap pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi fluida statis (nilai sig.(1-tailed) = 0,001 < α = 0,05 serta N-gain kelas eksperimen = 0,371 > N-gain kelas kontrol = 0,270). %Z Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc.