@phdthesis{digilib12764, month = {May}, title = {PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 (DITINJAU DARI PERSPEKTIF KURIKULUM 2013) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = { NIM. 10420008 DEWI MARIYAM}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Radjasa Mu?tasim, M. Si. }, keywords = {Kata kunci: pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Arab, kurikulum 2013, implementasi }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12764/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah selama ini pendidikan karakter hanya dianggap sebagai tugas dan tanggung jawab guru agama dan guru pendidikan kewarganegaraan saja. Padahal pendidikan karakter merupakan tugas dan tanggung jawab semua guru, termasuk guru bahasa Arab. Guru bahasa Arab juga memegang peranan penting dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik. SMA IT Abu Bakar Yogyakarta merupakan contoh sekolah yang memberlakukan pendidikan karakter. Semua guru menerapkan pendidikan karakter kepada peserta didik, termasuk guru bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Arab di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, mendeskripsikan proses implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari perspektif kurikulum 2013, serta dampak pembelajaran bahasa Arab di SMA IT Abu Bakar terhadap pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil objek penelitian di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas X. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dituangkan dalam silabus dan RPP. (2) Proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari perspektif kurikulum 2013 menunjukkan bahawa ada aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan yang ada dalam kurikulum 2013, akan tetapi tidak semua aktivitas proses pembelajaran kurikulum 2013 tertuang dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas. (3) Dampak pembelajaran bahasa Arab terhadap karakter siswa menunjukkan bahwasanya di antara karakter yang menonjol dari pembelajaran bahasa Arab adalah kreatif, rasa ingin tahu, komunikatif, dan semangat/ antusias. } }