%A NIM. 09220028 AMANI %O Pembimbing : Slamet, S.Ag., M.Si. %T PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN ALTERNATIF HBRC DALAM MEMBANTU KEMAMPUAN SOSIAL SISWA %X Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tindakan lembaga pendidikan alternatif dalam membantu kemampuan social siswa dan bagaimana metode yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan soial siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan lembaga pendidikan alternatif HBRC dalam membantu kemampuan sosial siswa dan mendeskripsikan metode yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari subyek utama yaitu pimpinan dan tentor lembaga pendidikan HBRC, serta yang penulis ambil adalah 3 siswa dan 3 orang tua siswa. Obyek penelitian ini adalah tindakan lembaga alternatif dalam membantu kemampuan sosial siswa dan metode yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan sosial siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menginterpretasikan data-data yang diperoleh dari lapangan diolah dalam bentuk kalimat. Pemeriksaan keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan tindakan lembaga pendidikan HBRC untuk pengembangan kemampuan sosial sesuai dengan teori adalah dengan cara pengasuhan melalui pemberian penjelasan, peraturan, danhukuman. Metode untuk pengembangan interaksi sosial adalah mengajak dialog, memberi contoh, memberi penjelasan dengan menasehati. Selain metode pengembangan interaksi sosial dalam teori, peneliti juga menemukan metode yang digunakan pimpinan untuk mengembangkan kemampuan sosial siswa yaitu metode drama, pembiasaan, dan pemberian tugas. %K Kata Kunci: Peran Lembaga Pendidikan Alternatif, Kemampuan Sosial siswa. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib12833