<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n"^^ . "Tanto Aljauharie Tantowie, Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Neurosains\r\nuntuk Meningkatkan Karakter Kreatif, Kerja Keras dan Rasa Ingin Tahu.\r\nPendidikan karakter telah menjadi isu nasional sejak dicanangkannya Gerakan\r\nNasional Pendidikan Karakter pada tanggal 11 Mei 2010. Implementasi pendidikan\r\nkarakter di lapangan, khususnya dalam proses pembelajaran masih perlu untuk terus\r\ndikembangkan. Hal ini didukung oleh data di lapangan yang menunjukkan guru masih\r\ncenderung menggunakan ceramah dalam pembelajaran, dan hanya mengintegrasikan\r\nkarakter dalam tataran konten materi saja. Oleh karena itu penting untuk\r\nmengembangkan model pembelajaran yang terintegrasi karakter. Hasil wawancara\r\nmenunjukaan bahwa penting untuk menanamkan karakter kreatif sejak dini, karena\r\nkreativitas sangat penting dalam menunjang kesuksesan seseorang; pada dasarnya\r\nperilaku yang mendorong untuk banyak bertanya dan membaca adalah dorongan rasa\r\ningin tahu di dalam diri peserta didik; serta penting untuk mendorong peserta didik untuk\r\nselalu fokus dan sungguh-sungguh di dalam proses pembelajaran. Maka pada penelitian\r\nini dikembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan karakter kreatif, kerja keras\r\ndan rasa ingin tahu yang didasarkan kepada teori neurosains.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) model pembelajaran berbasis\r\nneurosains untuk meningkatkan karakter kreatif, kerja keras dan rasa ingin tahu; 2)\r\nmengetahui penerapan model pembelajaran berbasis neurosains untuk meningkatkan\r\nkarakter kreatif, kerja keras dan rasa ingin tahu; 3) mengetahui efektifitas model\r\npembelajaran berbasis neurosains untuk meningkatkan karakter kreatif, kerja keras dan\r\nrasa ingin tahu; 4) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis\r\nneurosains untuk meningkatkan karakter kreatif, kerja keras dan rasa ingin tahu.\r\nPenelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Langkahlangkah\r\npenelitian mengacu kepada pendapat Thiagarajan (4D), meliputi empat tahap:\r\nDefine, Design, Develop, dan Dessiminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C\r\nMIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi\r\npustaka, kuesioner, tes, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif\r\nkuantitatif.\r\nHasil penelitian sebagai berikut: 1) Model pembelajaran berbasis neurosains\r\nuntuk meningkatkan karakter kreatif, kerja keras dan rasa ingin tahu mengikuti langkahlangkah\r\nsebagai berikut: a) kegiatan awal guru melakukan: apersespsi; menjelaskan\r\nrelevansi isi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari; menjelaskan secara singkat isi\r\nmateri; menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai. b) Pada kegiatan inti guru\r\nmelakukan: pengkondisian kelas dan menjelaskan langkah-langkah pembelajaran;\r\nmenjelaskan reward bagi yang menjawab benar; menyampaikan pertanyaan yang\r\nmenantang dan memotivasi; peserta didik menggali jawaban dalam sumber belajar;\r\npeserta didik melempar bola kertas untuk menentukan siapa yang menjawab; peserta\r\ndidik menjawab pertanyaan; demikian seterusnya; mengajukan pertanyaan divergen;\r\npeserta didik menjawab pertanyaan divergen; membuat peta konsep materi yang\r\ndisampaikan; guru memberi kesempatan untuk bertanya. c) pada kegiatan akhir guru\r\nmengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan, mengevaluasi serta menyampaikan\r\nmateri minggu selanjutnya. 2) Rata-rata skor angket keterterapan model pembelajaran\r\n(respon guru) sebesar 3,39 kategori baik, dan rata-rata hasil observasi keterterapan model\r\npembelajaran sebesar 3,50 kategori sangat baik. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa\r\nmodel pembelajaran BN-UMK secara umum efektif untuk meningkatkan pencapaian\r\nkompetensi akademik peserta didik, dan efektif untuk meningkatkan karakter kreatif kerja\r\nkeras peserta didik. Hasil uji-t menunjukkan ada perbedaan signifikan antara nilai pretest\r\ndan posttest, terjadi peningkatan sebesar 19,464. Adapun rata-rata skor hasil observasi\r\nkarakter pada pertemuan pertama termasuk kategori mulai terlihat (2,42) dan pada\r\npertemuan kedua termasuk kategori mulai berkembang (2,78). 4) Rata-rata skor respon\r\npeserta didik pada uji coba terbatas sebesar 3,38 kategori baik, dan pada uji coba\r\ndiperluas sebesar 3,39 kategori baik.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA , UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 1220420023"^^ . "TANTO ALJAUHARIE TANTOWIE"^^ . " NIM. 1220420023 TANTO ALJAUHARIE TANTOWIE"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER\r\nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #12835 \n\nPENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS \nNEUROSAINS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER \nKREATIF, KERJA KERAS DAN RASA INGIN TAHU \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .