eprintid: 12836 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/28/36 datestamp: 2014-06-17 04:24:54 lastmod: 2016-01-27 04:01:39 status_changed: 2014-06-17 04:24:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YUSMANIAR AFIFAH NOOR , NIM. 10600015 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep note: Dosen Pembimbing: 1. Sintha Sih Dewanti, M. Pd.Si. 2. Suparni, M. Pd. abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang layak digunakan dalam proses pembelajaran dan untuk mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) tersebut berdasarkan penilaian dosen, guru, dan siswa. Prosedur pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analysis), tahap perencanaan (desaign), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing dikembangkan dengan memuat enam prinsip pembelajaran berbasis Inkuiri terbimbing yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Produk ini telah beberapa kali melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari dosen pembimbing, validator, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Kualitas LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing tergolong dalam kategori baik dengan persentase keidealan 78,48%. Respon siswa terhadap LKS ini tergolong dalam kategori respon positif dengan persentase keidealan respon 77,75%. Setelah menggunakan LKS Matematika Berbasis Inkuiri Terbimbing siswa diberikan soal evaluasi pemahaman konsep yang memuat tujuh indikator pemahaman konsep, hasilnya kemampuan pemahaman konsep siswa bisa terfasilitasi terbukti dengan persentase siswa yang tuntas sebanyak 75% dan rata-rata nilai evaluasi pemahaman konsep siswa 77,6. date: 2014-05-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: YUSMANIAR AFIFAH NOOR , NIM. 10600015 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12836/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12836/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf